Penanaman 50.000 Pohon Untuk Gunung Salak

Penanaman 50.000 pohon di Gunung Salak
Sumber :

VIVAnews - Danone Aqua kembali menjalankan program peduli lingkungan. Kali ini, pada awal Juni, Danone menggandeng Pesantren Al-Amin, pemerintah daerah Sukabumi dan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) untuk menanam 50.000 ribu pohon di Desa Cidahu, Sukabumi.

Persebaya Bertekad Bangkit Lawan Persib

Program ini merupakan kelanjutan dari Program Konservasi Terpadu ”Gunung Salak Lestari” yang sudah dilaksanakan sejak 2009. Pada 2010, Danone menargetkan 100.000 pohon sudah bisa ditanam.  

Acara penanaman ini dihadiri oleh perwakilan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kab. Sukabumi, Camat Cicurug dan Cidahu, para santri anggota Kelompok Tani Hejo Daun, beberapa relawan yang merupakan karyawan Danone Aqua, serta warga desa setempat.

Pada tahap ini penanaman 30.000 pohon puspa dilakukan di area TNGHS yang akan mencakup sekitar 24 hektar, serta 20.000 pohon Jabon di perkebunan masyarakat. 
       
Koordinator CSR Mekarsari Warsono Usep mengatakan, "Danone Aqua melakukan program konservasi Daerah Aliran Sungai (DAS) dan pengelolaan sumber daya air terpadu berkelanjutan melalui kemitraan strategis dengan pesantren Al-Amin maupun TNGHS.

Konservasi di area TNGHS masih akan menjadi fokus program untuk beberapa tahun ke depan karena tanah kritis yang perlu diperbaharui masih cukup luas. "Kami berharap inisiatif ini dapat diikuti oleh pihak lainnya", kata Warsono.

Untuk lebih meningkatkan nilai ekonomis maka pada tahap pertama ini pohon yang ditanam di perkebunan masyarakat diganti dari sebelumnya pohon sengon, menjadi pohon jabon.

Beri Minuman Bekas ke Sus Rini, Perilaku Manner Nagita Slavina Jadi Sorotan

Sementara itu, sistem tumpang sari yang sebelumnya difokuskan pada penanaman palawija berubah menjadi pohon Kapolaga yang buahnya dapat dimanfaatkan atau dijual sebagai rempah-rempah dan obat tradisional.

"Kami senang bahwa kerjasama dengan pihak TNGHS dan Danone Aqua dapat dilanjutkan kembali tahun ini," ujar Pimpinan Pesantren Al-Amin, KHR Abdul Basith, dalam kesempatan itu.

Keberhasilan program yang dikembangkan bersama merupakan bukti bahwa melalui kerja sama lintas sektoral, upaya pelestarian lingkungan dapat memberi hasil yang maksimal karena sekaligus memberdayakan dan mensejahterakan para petani.

Lolos ke Championship Series, Persib Tatap Serius Laga Lawan Persebaya

Penanaman pohon Jabon juga akan memberi kontribusi jangka panjang kepada warga setempat karena dalam waktu 5 tahun bisa dipanen kayunya. Hasil penjualan akan dibagi yakni: 25% untuk pesantren Al-Amin, 10% pesantren lokal, 35% pemilik tanah, 10% koordinator wilayah, 10% petani penggarap dan 10% Danone AQUA dalam bentuk bibit. (ADVERTORIAL)

Konsumen menunjukkan emas batangan yang dibelinya di Butik Emas Logam Mulia, Gedung Aneka Tambang, Jakarta.

Bikin Silau, Harga Emas Antam Kembali Tembus Rekor Tertinggi

Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dibanderol seharga Rp 1.347.000 per gram pada hari ini, Sabtu 20 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024