Benda Sakral Pura Lenyap Digondol Pencuri

Patung selamat datang di Ngurahrai Bali
Sumber :
  • Wima Saraswati | Bali

VIVAnews – Sejumlah Pratima berumur ratusan tahun di Pura Desa Puseh, desa pakraman Peninjoan, Peguyangan Kangin Denpasar Timur lenyap digondol pencuri tadi malam. Pencurian tersebut baru diketahui pada Jumat 28 Mei 2010 pukul 05.00 wita saat pemangku tengah membersihkan Pura.
 
Benda sakral atau Pratima (berupa patung) yang hilang tersebut ialah Ratu Made Khayangan, Ratu Gede Dalem, Ratu Mayun Sakti, dan sejumlah perhiasan seberat 55 gram yang tersimpan di dalam gedong Ida Ratu Mas dengan cara memotong besi pintu yang tergembok. Kerugian akibat pencurian ini diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.
 
“Sepertinya pelaku lebih dari satu orang, dan sebelum mencuri dia mematikan lampu saat penjaga Pura tertidur, bahkan setelah itu dia meninggalkan kotorannya dipagar Pura” kata Ngakan Putu Sudira Artha, Bendesa adat Desa Pakraman Peninjoan.
 
Dengan adanya peristiwa tersebut, warga desa langsung menggelar upacara Mapresita untuk pembersihan Pura.

“Upacara Mapresita ini untuk pembersihan Pura, karena sudah dianggap leteh atau kotor akibat aksi pencurian” jelasnya.

Peristiwa ini diduga karena warga yang sibuk mempersiapkan berbagai acara keagamaan, sehingga dimanfaatkan pelaku pencurian untuk beraksi di Pura lain, seperti Pura Batur Ton Jaya yang letaknya tidak jauh dari Pura Desa Puseh. (sj)

 Laporan : Peni Widarti | Bali

Mengungkap Makna Simbol Telur Paskah, Lebih dari Sekadar Telur
Panen raya di Kabupaten Purwakarta

Panen Raya di Purwakarta Jelang Lebaran Dimassifkan Perkuat Ketahanan Pangan

Panen raya di Kabupaten Purwakarta Jawa Barat terus digencarkan memutus mata rantai darurat pangan jelang musim lebaran Idul Fitri 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024