Prancis Patenkan Kerajinan Tempurung Kelapa

Oleh-oleh khas Bali
Sumber :
  • Wima Saraswati | Bali

VIVAnews -- Kerajinan tangan tempurung kelapa yang merupakan kerajinan khas Indonesia baru-baru ini dipatenkan oleh seorang warga negara Prancis.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp100 Juta Jadi Tersangka

Warga Prancis tersebut dulunya dikenal sebagai pembeli produk tersebut, namun kemudian ia mempatenkannya.

"Kerajinan tempurung kelapa yang diekspor ke Prancis ternyata dipatenkan oleh pembeli yanhg selama ini menjadi mitra perajin. Kasus ini harus dijadikan pelajaran bagi semua pihak di daerah ini," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Lombok Barat Djoko Wiratno, Rabu 26 Mei 2010.

Menurut dia, informasi telah dipatenkannya kerajinan tempurung kelapa itu diketahui dari pembeli lainnya yang juga berada di Prancis.

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Adapun pelaku yang mempatenkan kerajinan tempurung kelapa itu awalnya sudah lama menjalin kerja sama dengan perajin di beberapa sentra di Lombok Barat.

Namun, dalam perkembangannya kontrak kerja sama tiba-tiba diputuskan oleh pembeli yang bersangkutan. Putusnya kontrak itu sempat membuat perajin kelimpungan. "Pemerintah daerah mencarikan pembeli lain yang juga berasal dari Prancis, dan tertarik dengan kerajinan tempurung kelapa tersebut," ujarnya.

Menurut dia, setelah terjalin kerja sama, pembeli yang kedua ini baru menyadari bahwa kerajinan tempurung kelapa yang diimpor dari Lombok sudah dipatenkan secara lokal di Prancis, sehingga dia harus membayar royalti kepada pembeli pertama yang dulu menjadi mitra perajin daerah ini.

Terhadap kasus itu, akan diambil langkah preventif dan berhati-hati dalam memfasilitasi perajin dengan pembeli sehingga pencaplokan komoditas kerajinan tempurung kelapa tidak menimpa produk kerajinan lain seperti gerabah banyumulek dan anyaman ketak.

Para perajin juga difasilitasi untuk mengajukan hak paten dari produk yang diciptakannya ke Direktorat Jenderal (Dirjen) HAKI. "Kami tidak pernah membayangkan bahwa pembeli akan mempatenkan produk kerajinan tempurung kelapa karena selama transaksi pengiriman barang sejak 1990-an tidak pernah ada masalah," ujarnya. (mt)

Laporan: Edy Gustan | Mataram

Erik Ten Hag

Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior

Manajer Manchester United, Erik ten Hag telah mencermati tiga pemain tim U-18 yang menampilkan performa menarik pekan ini. Dia membawa para pemain tersebut gabung latihan

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024