Rochim Tersangka karena Simpan AK 47

Warno, ayah Abdul Rohman menunjukkan surat polisi
Sumber :
  • Fajar Sodiq/VIVAnews

VIVAnews - Detasemen Khusus Antiteror 88 menangkap dua kakak-adik yang juga mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Abdul Rochman dan Abdur Rochim.

Senin kemarin, Abdur Rohman dilepaskan, sementara, adiknya, masih ditahan di Mako Brimob, Depok.

Abdur Rochim diduga terlibat dalam jaringan terorisme. Salah satu anggota tim Badan Konsultasi dan Bantuan Hukum (BKBH) UMS, Sudaryono mengatakan, penahanan Rochim dilakukan sejak kemarin dengan surat penahanan nomor SP.Han/21/V/2010/Densus.

Penahanan ini dilakukan karena perbuatan Rochim berdasarkan bukti-bukti permulaan melanggar pasal 7, 9, 11, 13 dan 15 UU Antiterorisme.  Abdur Rochim terbukti telah menerima VCD dan mengunggahnya ke internet dari sebuah warnet.

“Dan VCD latihan  perang-perangan Aceh itu di selanjutnya match dengan kejadian di Poso. Namun, itu semua yang mengatakan pihak penyidik,” ujar dia di Stasiun Balapan Solo, Selasa, 25 Mei 2010 dini hari.

Selain itu, Abdur Rochim disebutkan melanggar pasal 9 yang menyebutkan menyimpan bahan peledak termasuk senjata. Dari hasil pemeriksaan penyidik, Abdur Rochim ternyata telah menerima titipan senjata AK 47.

“Senjata titipan itu dari Hamid. Dan diterimanya saat dibengkel,” sebut dia.

Sementara itu ketika disinggung dilepasnya Abdul Rochman, dia mengatakan masih ada unsur-unsur yang belum begitu kuat. Termasuk masalah upload video latihan perang, Rochman tidak tahu menahu.

“Yang tahu persis dan melakukan adalah si Rochim. Menurut Polisi Rochman hanya menunggu diluar warnet dan tidak tahu apa-apa,” terang Sudaryono.

Seperti diberitakan sebelumnya, Abdul Rochman dan Abdur Rochim merupakan kakak beradik yang ditangkap oleh Densus 88 Anti Teror pada Senin 17 Mei 2010. Selain menangkap dua orang tersebut, Densus 88 juga mengamankan seperangkat komputer, senapan angin serta beberapa keping cakram digital dari kediaman mereka. (umi)

Laporan: Fajar Sodiq| Solo

Kubu Anies dan Ganjar Ingin Hadirkan Menteri jadi Saksi di MK, Airlangga Hartarto Beri Jawaban
Nagita Slavina

Respons Nagita Slavina Saat Tyas Mirasih Ingin Jual Tas demi Biaya Pengobatan

Tyas Mirasih saat itu ingin menjual tas miliknya kepada Nagita dan Raffi untuk membantu biaya pengobatan sang ibunda.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024