Pilkada Mojokerto Jalan Terus

Rusuh di Mojokerto
Sumber :
  • SP/Bambang Sudjarwanto

SURABAYA POST - Pilkada di Kabupaten Mojokerto tahun 2010 tetap dilanjutkan meski diwarnai aksi anarkis yang hebat. Alasannya, aksi anarkis yang terjadi Jumat, 21 Mei 2010, lalu tidak membuat 50 persen wilayah di Mojokerto terganggu.

"Kenyataannya, meskipun ada aksi anarkis kondisi wilayah Mojokerto masih kondusif dan tidak mengganggu penahapan Pilkada. Makanya tahapan Pilkada tetap harus dilanjutkan," tutur Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Gus Ipul, Sabtu, 22 Mei 2010, berkunjung ke rumah dinas Bupati Mojokerto Suwandi melihat pemutaran video jalannya aksi anarkis di halaman Gedung DPRD dan halaman Kantor Pemkab Mojokerto, Jumat lalu.

Untuk memastikan apakah Pilkada di Kab. Mojokerto bisa dilanjutkan atau tidak, kata Gus Ipul, dia mendapat tugas dari Gubernur Jatim Drs H Soekarwo Msi untuk melihat langsung kondisi wilayah Kab. Mojokerto.

"Hasil pemantuan kita malam ini akan kita laporkan ke Pak Gubernur. Dan anda bisa saksikan sendiri laporan dari Pak bupati, muspida, KPU Kab. Mojokerto dan desk Pikada  Mojokerto kalau kondisi Kab. Mojokerto tetap kondusif,'' tutur Gus Ipul.

Dia juga bercerita masuk silayah Kab. Mojokerto kemarin dari Gresik sampai Kantor Pemkab Mojokerto tetap aman dan lancar. ''Ini membuktikan kalau wilayah Mojokerto masih aman dan Pilkada harus dilanjutkan," tandasnya.

Untuk semakin membuat wilayah Kab. Mojokerto terus kondusif, tambah Gus Ipul, semua elemen masyarakat di Kab. Mojokerto harus bahu-membahu dengan aparat keamanan menjaga wilayah Kab. Mojokerto terus aman.

Gus Ipul yang juta Ketua Banser itu juga mengimbau anggota dan pengurus Ansor dan Banser ikut membantu aparat menjaga ketertiban dan keamanan di wilayah Kab. Mojokerto. Sehingga, Pilkada di wilayah Kab. Mojokerto tahun 2010 berjalan lancar.

Anggota KPU Propinsi Jatim Arif Budiman yang mendampingi Gus Ipul menegaskan, KPU Kab. Mojokerto dan KPU Jatim tetap akan melanjutkan tahapan Pilkada di  Mojokerto tahun 2010.

Alasannya, sesuai aturan, yang bisa menunda atau menggagalkan Pilkada itu, jika di wilayah Kab. Mojokerto terjadi gempa bumi dan kerusuhan yang mengakibatkan 50% wilayah atau sarana dan prasarana untuk menyelenggarakan Pilkada tak bisa dipakai untuk menjalankan Pilkada.

"Kenyataan sekarang, meskipun diwilayah ini pernah ada aksi anarkis. Namun, kondisi Kab. Mojokerto aman-aman saja, semua sarana prasarana untuk menyelenggarakan Pilkada tetap bisa digunakan, dan kondisi wilayah kondusif," katanya.

Ketua KPU Mojokerto Ayuhannafiq pada kesempatan itu juga mengatakan, KPU dan aparat keamanan tidak ada niat sedikit pun menunda Pilkada di Kab. Mojokerto. Ini dibuktikan dengan dilanjutkan penahapan kampanye terbuka bagi tiga pasangan Cabup-Cawabup. Selain itu, KPU juga terus menyiapkan logistik Pilkada, seperti kertas suara.

Pejabat RI Terkaya Versi LHKPN Koleksi Mobil Mewahnya Bikin Ngiler, Rolls-Royce hingga Bentley

Laporan : Bambang Sujarwanto

VIVA Militer: Kepala Biro Politik Hamas, Ismail Haniyeh

Detik-detik Serangan Rudal Israel Tewaskan 3 Anak dan Cucu Pentolan Hamas Ismail Haniyeh

Tiga putra dan empat cucu dari pemimpin biro politik Hamas, Ismail Haniyeh, dikabarkan tewas dibunuh dalam serangan udara Israel di sebuah kamp pengungsi di barat Gaza

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024