Gempa Aceh Akibat Penunjaman Lempeng

Peta Gempa Aceh-Sumatera
Sumber :
  • www.acehrecoveryforum.org

VIVAnews - Gempa berkekuatan 7,2 SR yang terjadi di 66 kilometer barat daya Meulaboh dengan kedalaman 30 kilometer di bawah laut terjadi karena penunjaman lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia.

"Penyebab gempa karena penunjaman lempeng Indo-Australia ke bawah Eurasia," ujar Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Surono saat dihubungi wartawan melalui telepon, Minggu, 9 Mei 2010.

Menurutnya gempa tidak berpotensi tsunami. BMKG telah mencabut peringatan dini terjadinya tsunami. Pesan singkat yang didapat dari Surono kepada wartawan menyebutkan "Peringatan Tsunami akibat Gempa Magnitude 7,2 SR, 09-Mei 2010 pukul 12:59:41 WIB dinyatakan BERAKHIR/SELESAI.  : BMKG.

"Semoga seperti saya harapkan tidak terjadi tsunami," ujarnya.

BMKG mencatat gempa berkekuatan 7,2 SR terjadi di 3.61 LU, 95.84 BT  atau 66 kilometer barat daya Meulaboh,  dengan kedalaman 30 kilometer di bawah permukaan laut.

Bayar Pajak Kendaraan Sekarang Dapat Diskon

Laporan: Iwan Kurniawan | Bandung

Juru bicara Mahkamah Konstitusi Fajar Laksono.

MK Sebut Minim Pengalaman soal Amicus Curiae di Perkara Sengketa Pilpres

Mahkamah Konstitusi mengakui kurang pengalaman terkait dengan amicus curiae atau sahabat pengadilan, dalam sengketa pilpres. Sampai sekarang, ada 33 tokoh yang mengajukan

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024