Jalur Indonesia Paling Mudah Dilalui Imigran

Jaringan Kabel Bawah Laut Indonesia
Sumber :
  • fujitsu.com

SURABAYA POST - Penyelundupan para imigran ini sudah menjadi persoalan Indonesia sejak lama. Perairan di Jawa Timur merupakan salah satu yang sering dijadikan sebagai jalur menuju negara tujuan mereka, yakni Australia.  Mengapa kasus penangkapan imigran gelap ini terus berulang?

Tri Nuke Pudjiastuti, peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengatakan, para imigran gelap ini  rupanya masih memiliki kesan masuk Indonesia bisa dilakukan dengan mudah.

PDIP Minta Penetapan Prabowo Ditunda karena Gugatan di PTUN, KPU Tegaskan Ini

“Inilah menjadi salah satu alasan kuat bagi para imigran gelap untuk memanfaatkan Indonesia sebagai tempat batu loncatan dari tujuannya ke Australia,” ujar Tri Nuke. 

Alasan utama lainnya,  posisi strategis Indonesia sebagai negara yang berbatasan langsung dengan Australia. Untuk bisa memasuki Australia, rute paling memungkinkan (dari banyak kasus yang terjadi) adalah melalui darat dan laut dibandingkan lewat udara.

Di samping itu, bentuk negara kepulauan Indonesia menjadikan para imigran dapat masuk dari berbagai pintu wilayah Indonesia. Dari kasus-kasus yang ada, para imigran yang tertangkap lebih banyak masuk ke Indonesia melalui jalur darat yaitu dari Malaysia, lalu masuk ke pulau Sumatera, ke Jawa dengan Jawa Barat bagian selatan (Serang) dan Jawa Timur bagian selatan sebagai pintu keluarnya untuk menuju Pulau Christmas.

Jalur darat dan laut tersebut sering pula dikombinasikan dengan jalur udara, mengingat banyak para imigran yang tertangkap di Bandara Pulau Batam, di Propinsi Riau maupun di Surabaya.

Tentang alasan para imigran memilih Australia sebagai negara tujuan, Tri Nuke menjelaskan, dalam sejarahnya, penduduk Australia terakumulasi dari migrasi. Sebagian besar penduduk Australia merupakan imigrasi dari berbagai negara. Penduduk aslinya suku Aborigin justru tersingkir. 

Kekuatan kebijakan keimigrasian, merupakan kelemahan Australia dari waktu ke waktu. “Salah satu kekuatan yang dimanfaatkan oleh para imigran gelap, yang mengaku sebagai pengungsi adalah ketika Australia memberikan ruang kepada para pengungsi dengan tidak hanya memberi fasilitas penampungan namun juga kesempatan berusaha,” ujar Tri Nuke. (umi)

Laporan: Fathurrahman Al Azis
 

Ilustrasi biji Kopi.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Bagi banyak orang, kopi adalah minuman wajib untuk memulai hari. Rasanya yang khas dan efek kafeinnya dapat membantu meningkatkan fokus dan kewaspadaan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024