Butuh 22.000 Penyelaman Angkat Harta Karun

Gudang harta karun di Pamulang
Sumber :
  • VIVAnews/ Zaky Al Yamani

VIVAnews - Mengangkat ratusan ribu keping harta karun dari dasar lautan di perairan Cirebon bukanlah perkara gampang. Sebanyak 39 penyelam membutuhkan waktu 19 bulan untuk mengangkatnya. Selama itu pula dibutuhkan 22 ribu kali penyelaman.

Presdir PT Paradigma Putra Sejahtera, Adi Agung Tirtamarta mengatakan, penyelaman itu dilakukan 17 penyelam asing dan 22 penyelam lokal. "Penyelaman dilakukan 80 mil dari Cirebon, jadi antara Kalimantan dan Pulau Jawa," kata Adi di Pamulang, Selasa 4 Mei 2010.

Adi menjelaskan, informasi adanya harta karun didapat pada 2001. Saat itu ada nelayan Cirebon yang menginformasikan kepadanya tentang keberadaan harta karun di perairan Cirebon. "Tapi saat itu tidak ada bukti, jadi kami tak bisa mengecek kebenarannya," kata dia.

Tahun 2003, lanjut Adi, nelayan Cirebon akhirnya membawa satu jenis harta karun sebagai bukti. "Dengan adanya bukti, kami kemudian minta izin untuk survei pada Desember 2003. Survei dilakukan Februari 2004 bekerjasama dengan perusahaan Belgia, Cosmix Underwater Research Limited," katanya.

Setelah survei, maka ia membentuk tim ekspedisi untuk melakukan pengangkatan harta yang berlangsung mulai April 2004 hingga Oktober 2005. "Jadi butuh waktu sekitar 1,5 tahun. Dalam hal ini kami diawasi pihak pemerintah dari TNI AL dan Polisi Air," ujarnya.

Setelah lima tahun, harta karun itu baru akan dilelang 5 Mei 2010. Saat itu kata Adi, belum ada aturan soal lelang harta karun. Peraturan itu baru ditandatangani Menteri Keuangan pada Desember 2009 terkait izin pemanfaatan pelelangan 2010.

"Sebelum dilelang, pemerintah sudah diberi jatah, kami menyumbang ke Museum Samudera Raksa di Borobudur beberapa ratus keping, 991 keping dijadikan koleksi negara dengan dipilih oleh Menbudpar yang mewakili negara, di antaranya salah satu dari sepasang golok emas," beber Adi.

Setelah pemerintah memilih, tersisa 271.000 keping yang diperkenankan Menbudpar untuk dilelang. (hs)

BYD Pamer Mobil Super Canggih, Bodinya Furutistik
Duel Persebaya Surabaya vs Persib Bandung

Lolos ke Championship Series, Persib Tatap Serius Laga Lawan Persebaya

Persib Bandung akan berhadapan dengan Persebaya Persebaya Surabaya dalam laga lanjutan Liga 1 2023/2024. Duel kedua tim digelar di Stadion Si Jalak Harupat

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024