Budayawan Bali Tersinggung Film 'Gigolo Bali'

Film Cowboys in Paradise
Sumber :
  • situs Film Cowboys in Paradise

VIVAnews - Film dokumenter berjudul Cowboys in Paradise yang menghebohkan masyarakat Bali mendapat tanggapan tokoh dan budayawan Bali I Gusti Ngurah Harta. Film soal gigolo di Bali itu  dipahami sebagai penghinaan yang menyinggung perasaan masyarakat Kuta.

“Saya paham sekali dengan kegelisahan saudara kita di Kuta, dapat dikatakan ini sebuah penghinaan buat saudara kita di Kuta, juga menyinggung perasaan masyarakat Bali,” kata I Gusti Ngurah Harta kepada VIVAnews 26 April 2010.

Ngurah berharap agar lembaga sensor memahami dan teliti dengan munculnya film-film baru, meski itu hanya film dokumenter. Namun imbasnya ke seluruh lapisan masyarakat setempat.

“Meski itu film dokumenter, sepertinya ada bisnis di sana. Jangan hanya berpikir soal dolar saja, kemudian semua bisa melakukan aktivitas bebas. Persoalan lainnya juga harus dipikirkan,” tegas dia.

Selain meminta lembaga sensor bertindak cepat, Ngurah juga meminta agar penegak hukum bertindak dengan mengacu pada Undang-undang KUHP Pidana tentang pornografi. “Sebenarnya lembaga adat di sini pun bisa menggugat hal itu,” katanya.

Cowboys Paradise yang disutradarai Amit Virmani dianggap menyimpang karena menyebut Kuta sebagai surga wisata seks bagi ribuan turis wanita. Dari kacamata tokoh adat, Ngurah Harta menilai munculnya Kuta sebagai wisata seks karena pengawasan dari pemerintah dan hukum yang  masih lemah.

“Keberadaan terselubuung yang susah kita ungkap secara fisik, mereka melakukan aktivitas tidak terang-terangan, susah sekali, entah jaringannya di mana," kata dia.

Saat ini, kata dia, desa adat berusaha melakukan pengawasan dan pembenahan untuk mengembalikan citra pariwisata Bali, salah satunya melakukan razia gigolo di pantai Kuta. (hs)


Laporan : Peni Widarti | Bali


No Indonesian Victims in the Baltimore Bridge Collapse Incident
Gelandang Mancester United, Donny van de Beek

Siap-siap Angkat Kaki dari Manchester United

Manchester United memiliko rencana untuk menjual Donny van de Beek. Gelandang asal Belanda itu tidak kunjung mendapat tempat di skuad utama tim berjuluk Setan Merah.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024