Polisi Gerebek Kantor PBB Palsu di Aceh

Perampok dengan senjata api
Sumber :
  • ANTARA/ Arief Priyono

VIVAnews -- Sebuah rumah di jalan Gurutee nomor 10 Blower Banda Aceh, digerebek polisi, kemarin malam. Rumah tersebut digunakan sebagai markas Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (DK-PBB) fiktif.

Polisi menangkap Marzuki Abdullah, 36 tahun, warga Aceh Utara yang mengaku wakil ketua DK-PBB Aceh dan masih mengejar Nurdin Jalil, karena mengaku sebagai ketua DK-PBB Aceh.

Terpopuler: Alasan Heerenveen Lepas Nathan Tjoe-A-On, Calon Kiper Timnas Indonesia Sabet Scudetto

Mereka mencatut nama lembaga antar bangsa itu dan juga kabinet pemerintahan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono, untuk melakukan penipuan.

Warga diiming-imingi menjadi pegawai negeri sipil di Kabinet Indonesia Bersatu, jika membayar uang senilai Rp 1,5 juta perorang kepada mereka.

Saat dilakukan penggerebakan, Polisi menyita sejumlah unit komputer dan dokumen kantor yang juga digunakan sebagai kantor Koperasi KSU Tani tersebut.

Kepala Bidang Humas Polda Aceh, Kombes Pol. Farid Ahmad mengatakan, aksi penipuan dengan mencatut lembaga PBB itu telah berlangsung selama empat bulan. Polisi telah memeriksa empat orang saksi dalam praktik penipuan tersebut.

"Kami masih melakukan pengembangan dan mencari beberapa tersangka lainnya yang juga terlibat dalam aksi penipuan ini," katanya saat dihubungi VIVAnews, Senin 26 April 2010.

Aksi penipuan yang mencatut nama lembaga tersebut juga sempat memicu keprihatinan dari barbagai pihak. Bahkan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf sempat menyambangi rumah tersebut untuk memastikan kebenaran adanya kantor Perwakilan PBB di Aceh.

Hingga kini polisi belum mengantongi jumlah korban dalam kasus penipuan dengan menjual nama lembaga itu.

Laporan: Muhammad Riza | Banda Aceh

Keren Banget, Sherina Main Teater Musikal Bareng Anak-Anak Sekolah
Foto: Istimewa

Cerita Perjuangan TikTokers Sasya Livisya, Sering Dapat Hate Comment karena Penampilannya

Setelah melalui berbagai proses yang panjang, Sasya Livisya menyampaikan pentingnya hate comment dalam setiap konten yang diposting di sosial media.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024