Demo Karyawan Kapal di Batam Ricuh

Buruh mengangkut semen di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta.
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews -- Demo karyawan perusahaan galangan kapal PT Drydocks World Graha di Tanjung Uncang, Batam berakhir ricuh, Kamis 22 April 2010. Bahkan Brimob Polda Kepulauan Seribu (Kepri) mencoba menghadang massa dengan tembakan peringatan.

Kepala Humas Polda Kepulauan Riau, AKBP (Pol) Anggaria Lopis menegaskan, sempat terjadi kericuhan, tapi kini sudah berhasil dikuasai petugas.

"Sudah selesai, tidak ada yang mengkhawatirkan," ujar Anggaria Lopis kepada VIVAnews, Kamis 22 April 2010.

Sementara mengenai penyebab terjadinya insiden, Anggaria memastikan hanya terjadi salah paham antara karyawan dengan pemilik galangan kapal.

"Ini aksi spontanitas, ada miskomunikasi, apalagi direncanakan, itu tidak ada sebelumnya," ujarnya.

Informasi yang diterima reporter antv, kejadian ini berawal dari sebuah kalimat pelecehan dari salah satu manajer asal India di perusahaan itu, dengan kalimat bahwa semua orang Indonesia bodoh.

Pernyataan itu kontan menyulut emosi para karyawan. Tidak hanya karyawan yang kesal, supervisor lain yang berasal dari Indonesia juga ikut marah. Hanya berselang 30 menit, kemarahan itu sudah tersebar luas hampir ke semua pekerja di galangan. Jumlah pekerja sekitar 8.000 orang.

Pengakuan Mengejutkan Shin Tae-yong Jelang Lawan Korea Selatan, Ternyata Dia Merasa...

Laporan: Novrizal | antv

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir

Pesan Penting Haedar Nashir untuk Prabowo Usai Ditetapkan Presiden Terpilih

KPU RI telah menetapkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 2024-2029.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024