Direstui Makam Soeharto Jadi Objek Wisata

Soeharto dan Ibu Tien
Sumber :
  • www.masboi.com

VIVAnews -- Rencana Pemerintah Kabupaten Karanganyer menjadikan makam Soeharto sebagai objek wisata religius mendapat restu. Yayasan Ibu Tien Soeharto bersedia merubah fungsi makam mantan Presiden RI ke-2 itu sebagai tempat ziarah.

Bupati Karanganyer, Rina Iriani menegaskan, pemda sudah mendapat lampu hijau dari pengelola Yayasan Ibu Tien untuk ikut andil dalam pengelolaan.

"Ya, Insya Allah akan mendapatkan lampu hijau untuk dijadikaan objek wisata ziarah, dan untuk saat ini kami telah melakukan pendekatan-pendekatan," ujarnya kepada VIVANews di Karanganyar, Jumat 16 April 2010.

Yang jelas, lanjut Rina, dengan dijadikan objek wisata ziarah akan menjadikan komplek makam Astana Giribangun bersih, rapi dan tertata. "Nantinya pengelolaan akan ada di dinas pariwisata," katanya.

Seperti diketahui, makam Astana Giribangun diketahui sebagai komplek disemayamkannya Ibu Tien Soeharto, Mantan Presiden Soeharto, keluarga serta beberapa kerabat. Bahkan, merupakan satu lokasi dengan komplek makam keluarga Mangkunegara.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Sebelumnya, pengelola Yayasan Ibu Tien Soeharto bersikukuh tetap mengelola sendiri. Karena, makam ini adalah makam keluarga. Sementara Pemkab Karanganyar menginginkan untuk ambil bagian dari pengelolaan makam astana Giribangun.

Karena itu, dengan dikelola bersama, diharapkan makam Astana Giribangun bisa menjadi objek wisata ziarah. Yang bisa mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) seperti halnya makam mantan Presiden I RI, Soekarno di Blitar.

Laporan: Fajar Sodiq | Solo

Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan, AKBP Bintoro di TKP Polisi Bunuh Diri

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Bintoro, mengaku saat ini pihaknya sudah melakukan pemeriksaan 13 orang atas tewasnya anggota Satlantas Polresta Manado.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024