Bank Jatim Siapkan Rp 300 M/Proyek

Bank Jatim
Sumber :

SURABAYA POST – Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur (Bank Jatim) berencana mengucurkan dana sindikasi ke Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Kredit tersebut diharapkan mampu merevitalisasi proyek pemerintah sehingga bisa lebih produktif.

“Seperti permintaan Gubernur, Bank Jatim akan mengucurkan dana sindikasi untuk merevitalisasi beberapa BUMD seperti pabrik gula untuk menningkatkan produksi BUMD bersangkutan yang kini sedang menurun,” kata Direktur Kepatuhan Bank Jatim, Hadi Sukrianto ketika dihubungi, Kamis 15 April 2010.

Mengenai nilainya sendiri, pihaknya masih menunggu pengajuan dari BUMD. Namun dari Bank Jatim sendiri siap menyediakan Rp 300 miliar per proyek. Dicontohkan untuk pabrik gula yang membutuhkan dana hingga triliunan rupiah, pihaknya akan menggandeng Asosiasi Bank Daerah (Asbanda) maupun bank umum.

Sebelumnya, dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tahun buku 2009 dan RUPS Luar Biasa tahun 2010 Bank Jatim, Gubernur Sukarwo meminta bank Jatim merevitalisasi BUMD yang sudah uzur.

Anaknya Dituding Selingkuhan Rizky Nazar, Ibu Salshabilla Adriani: Bunda Tahu Sakitnya Hati kamu

Menurut Gubernur, untuk membiayai revitalisasi tersebut, dirinya berharap Bank Jatim bisa memanfaatkan anggaran yang masih saat ini masih belum terpakai.

Untuk sindikasi pabrik gula, sementara sudah ada dua pabrik yang mengaku tertarik meski belum mengajukan penawaran langsung. "Sudah ada dua yang tertarik, PG Djatirogo dan PTPN X," kata Hadi.

Selain pabrik gula, Bank Jatim kini sedang getol menangani pembiayaan sektor infrastruktur. Diantaranya adalah pembangunan tol tengah Surabaya. Diperkirakan pada tahap awal, untuk pembangunan tol tengah Surabaya, pemerintah butuh dana dana Rp 4,7 triliun.

Saat ini, perbankan menyetujui untuk kredit pembangunan sesi I yaitu Waru-Wonokromo sebesar Rp 1,7 triliun. Tapi diperkirakan nilai investasi akan naik saat ini karena adanya kenaikan harga bahan baku terutama baja.
 
Laporan: Denny Sagita

Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala
Ilustrasi tembakan.

Anggota Polresta Manado Ditemukan Tewas di Mampang Sedang Cuti

Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Ade Rahmat Idnal mengatakan bahwa anggota Satlantas Polresta Manado, Sulawesi Utara yakni Brigadir Ridhal Ali Tomi ditemukan tewas.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024