WWF: Harimau Liar Punah di 2022

Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae)
Sumber :
  • Antara/ Puspa Perwitasari

VIVAnews - Harimau (Panthera tigris) memiliki sembilan subspesies di dunia, namun tiga spesies di antaranya sudah punah. Dua subspesies punah di Indonesia yakni Harimau Jawa dan Harimau Bali.

Menurut WWF-World Wide Fund For Nature (WWF), satu subspesies yang punah lainnya adalah Harimau Kaspia. Kemudian satu subspesies lain yakni Harimau China Selatan (Panthera tigris amoyensis)  juga "punah secara fungsional" karena karena kehilangan habitat dan buruan.

Lima spesies lainnya bisa segera punah jika tak ada perhatian lebih lanjut atas habitat mereka. Kemungkinan, menurut WWF, tersisa hanya 3.200 harimau di dunia.

Kepunahan mereka dipicu perdagangan ilegal atas tubuh harimau yang dipercaya sebagai obat-obatan. Kemudian harimau juga dihadapkan dengan masalah ekspansi lahan pertanian, perkebunan dan penebangan hutan. Tanpa respons segera untuk menyelamatkan harimau, WWF dalam laman resminya menyatakan harimau liar akan punah pada tahun harimau berikutnya, 2022.

Berikut enam subspesies harimau yang masih hidup:
1. Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae), diperkirakan tersisa 400 ekor di Sumatera. Harimau ini adalah subspesies terkecil dan diperkirakan 40 ekor mati setiap tahunnya;

2. Harimau Malaya (Panthera tigris jacksoni), diperkirakan tinggal 500 ekor di semenanjung Malaya (perbatasan Thailand-Malaysia). Harimau ini baru saja diklasifikasi sebagai subspesies berbeda dengan Harimau Indochina di tahun 2004. Perawakan mirip Harimau Indochina namun ukuran mirip Harimau Sumatera.

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel

Harimau Malaya

3. Harimau Indochina (Panthera tigris corbetti), diperkirakan tinggal 300 ekor di enam negara, Thailand, Kamboja, China, Laos, Myanmar, dan Vietnam meski sebagian besar di Thailand.

Harimau Indochina

4. Harimau Siberia atau Harimau Amur (Panthera tigris altaica), diperkirakan tersisa 450 ekor di Siberia, Rusia. Tahun 1940-an, subspesies terbesar dari segi ukuran badan ini hampir punah karena hanya tersisa 40 ekor di alam liar. Namun berkat usaha konservasi Rusia, populasinya meningkat.

Program Beasiswa Kuliah S1 di Jepang, Bebas Biaya dan Dapat Uang Saku Rp12 Juta Perbulan

Harimau Siberia

5. Harimau Benggala (Panthera tigris tigris atau Panthera tigris bengalensis), diperkirakan tersisa 1.850 ekor di alam liar. Harimau yang juga disebut Harimau Putih ini terancam oleh perluasan populasi manusia yang mengancam habitat mereka.

Macan benggala

Pentingnya Mencintai Diri: Melawan Depresi dan Maraknya Percobaan Bunuh Diri
Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Berita yang membahas mengenai harga Toyota Fortuner Hybrid dan Land Cruiser tangguh versi murah, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024