Pramono Anung Curiga Gayus Hanya Eksekutor

VIVAnews - Wakil Ketua DPR RI dari PDIP, Pramono Anung bicara soal Gayus. Bukan Gayus Lumbuun, sesama politisi PDIP. Sekjen partai berlambang banteng ini menanggapi kasus Gayus Tambunan - PNS Golongan III yang mendadak jadi milyuner.

Miliaran uang di rekening Gayus mencurigakan. Apalagi, dia bukan pejabat tinggi di pajak.

"Saya duga Gayus tidak sendirian, tidak mungkin transaksi Rp 20 miliar dilakukan orang di posisi Gayus," kata Pramono di Gedung Dewan, Senayan, Jakarta, Senin 29 Maret 2010.

"Saya rasa dia hanya eksekutor, kebijakan untuk itu pasti sudah ada yang buat," tegas Pramono.

Pramono berharap kasus Gayus dibongkar tuntas. Suapa bola salju kasus-kasus perpajakan dibuka secara menyeluruh.

"Saya prihatin persoalan seperti ini yang sebenarnya sudah terjadi sejak 2007, ternyata berlarut-larut," kata dia.

Ditambahkan Pramono, seharusnya instansi-instansi terkait cekatan sehingga ini bisa segera diatasi. "PPATK kan katanya jauh-jauh hari sudah memberi data pada polisi dan instansi-instansi terkait terkait. Ini sepertinya terjadi karena di-link pejabat karena kewenangannya," lanjut dia.

Gayus diperkarakan karena menyimpan uang Rp 25 miliar di rekeningnya. Tak hanya terancam kembali berurusan dengan polisi, mulai hari ini Gayus juga dipecat dari pekerjaannya.

Dia dipecat tidak hormat karena melanggar kode etik dan disiplin.

Indikasi pelanggaran itu ditemukan Direktorat Kepatuhan Internal Transformasi Sumber Daya Aparatur (KITSDA) Direktorat Jenderal Pajak.

Saat ini Gayus tidak ada di Tanah Air. Ia diduga sudah kabur ke Singapura setelah sempat curhat kepada Satgas Antimafia Hukum.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?
Pihak Rusia keluarkan potret pelaku ISIS terorisme di Moskow

Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!

Kelompok teroris ISIS baru saja telah merilis sebuah video teror yang mengancam Rusia dan Presiden Vladimir Putin karena menyiksa para anggotanya saat berada di dalam tah

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024