4 Jaksa Kasus Gayus Sudah Dieksaminasi

VIVAnews - Proses eksaminasi terhadap jaksa atas kasus pegawai pajak Gayus Tambunan masih terus berlangsung. Satu jaksa belum bisa diperiksa karena masih bertugas di luar kota.

Hal itu disampaikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum, Kamal Sofyan Nasution, di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Rabu 24 Maret 2010.

Menurut dia, tim eksaminasi telah memeriksa empat jaksa peneliti berkas itu. Keempatnya yakni, Cyrus Sinaga, Fadil Regan, Ika Safitri, dan Eka.

KPK Usut Kasus Pengadaan Barang dan Jasa di PT PLN, Negara Rugi Miliaran Rupiah

"Termasuk Kajari (Kepala Kejaksaan Negeri) Tangerang Suyono dan Kasi Pidum (Kepala Seksi Pidana Umum) Irfan Jaya Azis," kata Kemal.

Empat jaksa peneliti tersebut juga sebagai jaksa penuntut umum. Hanya saja keempatnya tidak bersidang. "Yang sidang jaksa sana (Tangerang) Nasran Azis," ujar mantan Sekretaris Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum ini.

Kiky Saputri Ungkap Kondisi Terkini Usai Alami Keguguran

Kemal menegaskan, saat ini hanya satu orang yang belum diperiksa yakni mantan Direktur Prapenuntutan (Dirpratut), T Manulang. "Karena ketika kasus ini masuk ke Pidum (Pidana Umum) Pak Manulang sebagai Dirpratut," ujarnya.

Pemeriksaan terhadap Manulang sendiri direncanakan besok siang. "Dia baru datang dari Ambon," ujar Kamal.

Seperti yang diketahui, mulai Senin kemarin Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum telah membentuk tim eksaminasi. Tim ini bertugas memeriksa jaksa yang menangani kasus dugaan penggelapan uang oleh pegawai Direktorat Jenderal pajak Gayus Tambunan.
 
Gayus Tambunan sendiri telah divonis bebas oleh Pengadilan Negeri Tangerang 12 Maret 2010 lalu. Sebelumnya jaksa menuntut 1 tahun penjara dengan masa percobaan 1 tahun.

Alasan jaksa menuntut ringan Gayus karena uang yang diduga digelapkan tersebut masih tersimpan di rekening Gayus di BCA.


Ratusan Ribu Ribu PNS Sudah Ikuti Uji Kompetensi dari BKN untuk Siap Pindah ke IKN

ismoko.widjaya@vivanews.com

Gedung Putih mengibarkan bendera setengah tiang imbas penembakan di Texas, AS

Amerika Serikat Kecam Pemilu Rusia, Pernyataan Seram Ini Keluar dari Gedung Putih

Gedung Putih menyebut kemenangan mutlak yang dicapai oleh Presiden Rusia Vladimir Putin dalam pemilihan presiden negara tersebut yang baru saja berlangsung sebagai ini

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024