Kejaksaan: Andi Kosasih Saksi Kasus Gayus

VIVAnews - Andi Kosasih, pengusaha asal Batam yang disebut-sebut dalam kasus pajak Gayus Tambunan sempat diduga fiktif. Tapi, jaksa yakin bahwa Andi Kosasih merupakan salah satu saksi yang ada dalam berkas perkara Gayus Tambunan.

"Ada, keterangan dia di berkas," kata Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum, Kamal Sofyan Nasution di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Rabu 24 Maret 2010.

Dalam berkas perkara, memang tercantum Nama Andi Kosasih sebagai saksi dalam perkara itu. Namun saat ditanya apakah Andi Kosasih hadir dalam persidangan, Kamal mengaku belum mendapat laporan dari jaksa yang menyidangkan.

"Saya nggak tahu, yang tahu itu jaksa yang menyidangkan," ujar dia, Rabu 23 Maret 2010.

Seperti yang diketahui sebelumnya dana Rp 25 miliar dalam rekening Gayus Tambunan diakui sebagai uang bisnis perjanjian jual beli rumah di Jakarta Utara.

Semula bisnis ruko itu bernilai Rp 6 juta. Namun Andi baru membayarkannya US$2.810.000. Dana itu juga dibayarkan Andi kepada Gayus dalam enam tahap.

Jaksa menilai uang kepemilikan rekening Rp 25 miliar atas nama Gayus Tambunan di Bank Panin itu tak ada indikasi Korupsi, pencucian uang, atau penggelapan.

Jaksa justru mencurigai adanya dana sebesar Rp 370 juta di rekening BCA milik Gayus yang merupakan transfer dari PT Megah Jaya Citra Garmindo.

Seperti yang diketahui Gayus divonis bebas oleh Pengadilan Negeri Tangerang. Sebelumnya jaksa menuntut 1 tahun dengan 1 tahun masa percobaan. Alasan jaksa menuntut ringan karena uang itu belum dinikmati oleh Gayus.

Indonesia Secures Rice Import Deal with Cambodia Ahead of Eid al-Fitr


ismoko.widjaya@vivanews.com

Erick Thohir Angkat Asisten Prabowo Jadi Komisaris Pindad
Razia Kendaraan Bermotor

Puluhan Ribu Pengendara Motor Kena Tilang Gara-gara Benda Ini

Korlantas Polri mencatat, total 60.047 pelanggar lalu lintas telah ditindak selama operasi berlangsung.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024