NASIONAL

Peserta UN Terpaksa Jawab di Kertas Robek

Padahal lembar jawaban yang disediakan jumlahnya pas.

ddd
Senin, 22 Maret 2010, 11:58
Boediono saat meninjau UN di SMA 70 Jakarta
Boediono saat meninjau UN di SMA 70 Jakarta (Antara/Saptono)

VIVAnews - Kekeliruan soal ujian yang terjadi di beberapa sekolah di kabupaten Karangasem Bali membuat sejumlah sekolah kerepotan. Tidak hanya soal yang keliru, tujuh lembar Lembar Jawaban Komputer di SMA PGRI 1 Amlapura Karangasem juga diketahui robek.

Kekeliruan soal ujian nasional terjadi di SMA Negeri 1 Karangasem yang seharusnya ujian Bahasa Indonesia namun tertukar dengan soal Bahasa Inggris. Sementara di amplop bertuliskan Bahasa Inggris, isinya soal Sejarah. Sedangkan di amplop yang bertuliskan Sejarah ternyata isinya soal  Bahasa Arab dan mata pelajaran Bahasa Indonesia tidak ditemukan di amplop manapun.

Kepala sekolah SMA Negeri 1 Karangasem, I Gede Jabang mengatakan sementara ini peserta ujian menggunakan fotocopy-an soal cadangan Bahasa Indonesia karena semua letak soal ujian kacau.

“Solusinya sementara ini dengan mengcopy soal bahasa Indonesia cadangan, dengan disaksikan aparat dan pengawas dari dinas pendidikan,” jelasnya.

Dari data yang diperoleh VIVAnews Senin 22 Maret 2010, tak hanya soal ujian di SMA Negeri 1 Karangasem yang tertukar, namun di SMA PGRI 1 Amlapura Karangasem terdapat tujuh lembar LJK yang rusak atau robek. Padahal LJK yang tersedia jumlahnya pas dan tidak ada cadangan, sehingga tujuh siswa terpaksa tetap menggunakan LJK yang robek.

Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Bali, I Wayan Suasta menanggapi kemungkinan sementara peserta ujian menggunakan LJK fotocopy-an, setelah itu menyalin jawaban kembali ke lembar LJK yang asli meski mengulur waktu.

“Ya sementara solusi dari kami, peserta ujian pakai LJK fotocopy-an, sambil menunggu LJK yang asli mungkin ada sekolah lain yang kelebihan,” ujarnya saat dikonfirmasi VIVAnews.

Laporan : Peni Widarti | Bali



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id