Soal Tertukar, Bali Jamin UN Tak Bocor

VIVAnews - Tertukarnya soal  Ujian Nasional yang terjadi di beberapa sekolah di Bali,  di antaranya SMU di Karangasem. Di sekolah itu, soal yang dibagikan pertama kali adalah Bahasa Inggris, padahal seharusnya Bahasa Indonesia.

Meski sempat kacau, Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Bali menjamin soal Bahasa Inggris yang sudah terlanjur dibuka oleh pengawas ujian tidak akan ada kebocoran.

Insiden terhadap penyelenggaraan UN di tingkat SMA dan SMK yang serentak dilaksanakan di Tanah Air ini membuat Gubenur Bali Made Mangku Pastika kecewa. Meski mendapat solusi dengan mengcopy soal ujian cadangan sesuai jumlah siswa yang mendapat kekeliruan, namun hal tersebut tetap merepotkan serta mengulur waktu ujian dan dapat mempengaruhi mental peserta ujian.

Kepala Dinas Pendidikan dan Olah Raga Bali, I Wayan Suasta menjamin kerahasian soal Bahasa Inggris. “Saya jamin tidak akan ada kebocoran soal yang terlanjur dibuka oleh pengawas, karena setelah melihat kekeliruan itu para petugas segera menyegel kembali soal Bahasa Inggris itu,” ujarnya.

Sementara kekeliruan yang terjadi di SMA Santo Yosep Denpasar, ujian tetap berlangsung karena soal yang diujikan sesuai jadwal ujian hari ini yakni Bahasa Indonesia, namun dengan sistem paket A dan paket B agar tidak ada kerjasama antar peserta ujian. Adanya  kekeliruan tersebut dapat memungkinkan kesulitan dalam penilaian jawaban.
 

Laporan : Peni Widarti | Bali

Ada yang Janggal dalam Surat Sakit Gus Muhdlor, KPK: Ini Agak Lain Suratnya
Ilustrasi E-KTP.

Siap-siap, 92.493 NIK Warga Jakarta Bakal Dinonaktifkan Pekan Depan

Penonaktifan NIK itu tengah diajukan ke Kemendagri.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024