Penundaan Kedatangan Obama Dinilai Tepat

VIVAnews - Pengunduran jadwal kunjungan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama ke Indonesia dinilai tepat. Penundaan kunjungan akhir Bulan Maret menjadi Bulan Juni membuat Obama lebih fokus dalam misi lawatannya.

Demikian disampaikan oleh Staff Khusus Presiden Bidang Luar Negeri, Dino Patti Djalal disela-sela lomba lari 'Indonesia USA-Frienship Run 5K' di Jakarta, Sabtu 20 Maret 2010. "Pada Bulan Juni itu, semua permasalahan politik dalam negeri yang dihadapi Presiden Obama kemungkinan sudah selesai, sehingga bisa lebih fokus," kata Dino.

Dino juga mengatakan jadwal Juni mendatang itu belum bisa ditentukan kepastiannya. Namun, dia berharap jadwal itu tidak akan berubah lagi.

Sebagaimana diketahui, jadwal kunjungan Obama ke Indonesia dan Australia sudah mengalami pengunduran beberapa kali. Setelah dijadwalkan berkunjung pada pertengahan Maret, jadwal itu diundur pada akhir Maret, dan Akhirnya ditunda pada Juni 2010 mendatang. Alasannya, Obama sedang fokus pada Undang-Undang Kesehatan yang sedang digodok di Parlemen.

Menurut Dino, sebagai seorang presiden, Obama tidak bisa terhindar dari masalah perkembangan politik dalam negeri tersebut. Karena, lanjut dia, seorang presiden juga merupakan seorang politisi. "Di mana politik dalam negeri itu dianggap jauh lebih penting dari politik luar
negeri," katanya.

Dino menambahkan situasi ini juga berlaku pada Presiden Indonesia. Dia mencontohkan saat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berkunjung ke Australia. Kunjungan itu, menunggu hasil rapat paripurna DPR yang membahas masalah Bank Century. "Jadi sama saja dengan situasinya Amerika," katanya.

Bukan Hanya Palestina, Ini 9 Negara yang Belum Diakui Keanggotannya oleh PBB
Calon anggota Paskibra Kabupaten Sukabumi dinyatakan meninggal dunia.

Kronologi Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal Dunia saat Jalani Seleksi Paskibra

Seorang siswi SMA Negeri 1 Cisaat meninggal dunia saat mengikuti seleksi pasukan pengibar bendera (paskibra) tingkat Kabupaten Sukabumi 2024 di Kecamatan Palabuhanratu,

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024