NASIONAL

Ormas Islam Kurang Berperan di Era Reformasi

"Peran NU dan Muhammadiyah tidak begitu penting selama 10 tahun terakhir ini."

ddd
Sabtu, 13 Maret 2010, 22:10
Lambang NU (Nahdlatul Ulama)
Lambang NU (Nahdlatul Ulama)  

VIVAnews - Keberadaan dua organisasi massa (ormas) Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah, dinilai kurang berperan dalam sosial politik sejak reformasi bergulir.

"Peran NU dan Muhammadiyah tidak begitu penting selama 10 tahun terakhir ini," ujar pengamat politik Universitas Indonesia, Bachtiar Effendi.

Menurut Bachtiar, saat Orde Baru berkuasa, peran kedua organisasi Islam tersebut cukup penting. Namun, saat ini peran sosial politik keduanya di tengah masyarakat tergerus. Penyebabnya, menurut Bachtiar, yaitu munculnya partai-partai politik yang sudah melembaga.

"Era Soeharto, NU dan Muhammadiyah patut diperhitungkan, karena memang saat itu lahirnya partai politik dibatasi sehingga ormas-ormas agama tersebut cukup didengar suaranya," kata Bachtiar.

Selain itu, Bachtiar menyatakan menumpulnya gigi ormas Islam juga disebabkan oleh demoralisasi. Sebagian besar pemimpin ormas Islam bergeser ke ranah politik praktis sehingga meninggalkan fungsi awal di organisasi mereka.

"Seharusnya, mereka tidak boleh terjun ke dalam politik praktis. Cukup politik kenegaraan saja, seperti membuat program-program yang membantu negara, seperti membangun sekolah dan rumah sakit," ujar Bachtiar.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
eko susilo
16/09/2010
itu kan bukan ormas tapi wadah panduan bagi umat islam agar tidak tergilas waktu dan kondisi juga keadaan yg ada maka sebab itu perannya jangan dipolitikisasi,fungsi wadah itu untuk persatuan umat ya kiprahnya untuk umat dan kemaslahatan bangsa indonesia.
Balas   • Laporkan
djamrus
31/08/2010
"DR.C.Snouck Hurgronje"(Orientalis, yg melakukan Izharul Islam(berpura-pura Islam) sehingga diberi gelar "Sheikh All Allama Maulana Abdoel Gaffar dst.oleh para Ulama se Jawa, padahal dia hanya melakukan misi Politik, dia tlh melakukan tugas dari LUCIFER.
Balas   • Laporkan
permadi
14/03/2010
ormas Islam Indonesia old schools,untuk generasi baru Indonesia nggak begitu laku,karena dunia bertambah modren dengan datangnya generasi baru,kebanyakkan dari piak agama tidak mau menerima dan terjadi kekerasan dan menghasut rakyat kecil yang tidak ada p
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com