Bandung Pilot Project Industri Kreatif

VIVAnews - Industri kreatif di Bandung beberapa tahun terakhir ini berkembang sangat pesat. Industri ini mampu memberikan kontribusi sebanyak 10 persen pada pemasukan asli daerah. Kota Kembang ini pun bakal dinobatkan sebagai pilot project industri kreatif.

Sekda Pemprov Jawa Barat Lex Laksamana mengungkapkan hal itu di sela gelaran Kampung GaSS di Lapangan Gasibu, Bandung, Rabu 10 Maret 2010. Kampung GaSS yang merupakan Gabungan Artis dan Seniman Sunda menggelar acara pegelaran musik selama 15 jam nonstop untuk memperingati 2 abad kota Bandung.

Menurut Wakil Gubernur Dede Yusuf, Pemprov Jabar telah menyediakan lahan seluas 10 hektar di wilayah Pasir Kunci, Ujung Berung, untuk menampung kreatifitas senimanĀ  Bandung dan meningkatkan industri kreatif di wilayah ini. "Bandung banyak sekali sumber daya dan potensi industri kreatifnya," kata Dede.

Mengenai gelaran Kampung GaSS, Dede mengaku senang karena bisa menyatukan dan menghilangkan perbedaan jarak antara artis senior dan junior. Pemprov sendiri sebatas mensupport dan memberikan izin, sedangkan pendanaan benar-benar digalang para seniman.

Band indie asal Bandung, Speaker First menyambut gembira rencana Bandung dijadikan pilot project industri kreatif. Namun sebagaiĀ  laboratorium kreatifitas pemerintah harus memberikan fasilitas lebih kepada seniman dan artis Jabar, karena kebanyakan musisi dan seniman berkarya atas kesadaran sendiri bukan atas bantuan pemerintah. "Tapi jangan hanya omong kosong. Ini harus dibuktikan."

Dengan ditunjuknya Bandung sebagai pilot project industri kreatif, SHE, band yang didominasi perempuan memberikan dukungan penuh. Namun proyek itu memberikan konsekuensi tersendiri bagi para seniman Bandung. Pemprov harus memberikan fasilitas yang memadai, sehingga tidak mengecewakan semiman Bandung.

Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

Laporan: Melissa Tuanakotta | Bandung

Waketum Partai Perindo, Angela Tanoesoedibjo

Beri Selamat ke Prabowo-Gibran, Perindo Sampaikan 4 Sikap

Wakil Ketum Partai Perindo Angela Tanoesoedibjo menyampaikan sikap partai mewakili Ketua Umum Hary Tanoesoedibjo, pasca keputusan MK dan penetapan Prabowo-Gibran pemenang

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024