Seniman Tunanetra Hadir di 40 Hari Gus Dur

VIVAnews -- Sedikitnya 15 orang tunanetra yang tergabung dalam 'Pasti' atau Persatuan Antar Seniman Tunanetra Indonesia terlihat dengan hikmat mengikuti acara 40 hari meninggalnya mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu, 7 Februari 2010.

Mereka mengaku datang atas inisiatif sendiri tanpa diundang dan pemberitahuan. "Saya menghitung sendiri waktunya, mulai dari almarhum meninggal," kata Ade Komarudin kordinator 'PAsti' kepada VIVAnews.

Meski belum pernah bertemu langsung semasa hidup dengan Gus Dur, tetapi suaranya sering didengar saat menjabat sebagai presiden. "Kalau dulu saya denger suaranya saja tanpa pernah bertemu," ujarnya.

Meski demikian, 15 para tunanetra ini melihat sosok almarhum sebagai orang yang penuh dengan kebanggaan, penuh simpatik dan kharisma. Bahkan hingga kini foto Gus Dur masih terpampang di salah satu sudut ruangan tidur Ade Komarudin di Sukabumi.

Selain dihadiri oleh 15 tunanetra, acara juga dihadir sejumlah pemuka agama di Indonesia seperti Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu.

DPRD Jambi Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Gubernur Jambi 2023

Kegiatan 40 hari meninggalnya mantan Presiden RI ke empat ini juga berlangsung di pesantren Tebuireng, Jombang Jawa Timur dan dihadiri ribuan orang.

ilustrasi pelaku penipuan

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Seorang pria bernama Aji mengalami nasib nahas ketika dirinya hendak membelikan sebuah mobil untuk sang ayahnya.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024