NASIONAL

Gempa Padang Hari Ini Bisa Picu Gempa Dahsyat

Gempa tadi siang terjadi di tumbukan yang sama dengan gempa 7,9 SR lalu.

ddd
Jum'at, 5 Februari 2010, 15:40
Gempa di Kota Padang
Gempa di Kota Padang (ANTARA/Maril Gafur)

VIVAnews - Gempa berkekuatan 4,8 Skala Richter [sebelumnya ditulis 4,0 SR] mengguncang Kota Padang, Jumat, 5 Februari 2010 siang.

Meski kecil, gempa ini tak boleh disepelekan. Menurut Ketua Ikatan Ahli Geologi Sumatera Barat, Ade Edwar, gempa tadi siang terjadi di tumbukan yang sama dengan gempa  7,9 SR yang terjadi 30 September 2009 lalu.

"Kondisi ini perlu diwaspadai karena jarak waktunya semakin dekat.  Dikhawatirkan gempa megatrans yang berpotensi di Mentawai tak mampu menahan energinya," kata Ade Edward pada VIVAnews.

Secara geologi, lanjut dia, gempa megatrans sering kali dipicu dengan lepasnya energi gempa yang berada di sekitarnya.

Dari pantauan rekap gempa yang dilakukan pusat pengendalian operasi penanggulangan bencana Sumbar, dikhawatirkan waktu munculnya gempa megatrans lebih pendek dari perkiraan sejumlah ahli.

Kekuatannya pun lebih dahsyat dari gempa Sumbar sebelumnya. "Kemungkinan besar skalanya jauh lebih besar dari gempa 30 September lalu," kata Ade Edward.

"Kita berharap warga waspada karena bagaimanapun ahli tidak mampu memprediksi kapan gempa megatrans itu akan terjadi. Hanya saja, warga diminta menanggapinya secara positif," katanya.

Siang tadi sekitar pukul 11:38 Waktu Indonesia Barat, gempa berkekuatan 4,8 SR menggoyang Sumatera Barat. Getaran gempa terasa hingga Padang dan membuat sejumlah orang panik.

Gempa tadi siang berpusat di 53 kilometer barat Pariaman di kedalaman 53 kilometer. Pusdalops Sumbar tidak mencatat terjadinya kerusakan akibat gempa tersebut.

Sementara, menurut hasil penelitian sejumlah ahli, Mentawai yang terletak di pertemuan lempeng Euroasia-Indo Australia, menyimpan energi gempa megatrans dengan kekuatan 8,9 SR.

Laporan: Eri Naldi| Padang



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
novry putra
26/10/2011
tuhan bersama orang yg berani....intinya waspada dan siaga dari tanda2 alam...
Balas   • Laporkan
anna
29/10/2010
wahai saudaraku semua tabahkanlah hati kalian segala musibah tersembunyi akan khikmah. ALLAH akan selalu bersama kita. PERCAYALAH AKAN KEBESARAN ALLAH.
Balas   • Laporkan
havid
28/10/2010
ayoo pemerintah agar bisa lebih di tingkatkan lagi
Balas   • Laporkan
haryanto
26/10/2010
Saya berharap agar saudara2 saya dipadang - Sumbar agar Waspada & lebih berhati2 dengan adanya gempa susulan. Ya Allah, lindungi saudara2 kami khususnya Padang-Sumbar yg sedang mengalami Gempa kembali.
Balas   • Laporkan
alfross
25/10/2010
ka dek wak mati lah kalian sadon lia kancing pant3k ang
Balas   • Laporkan
raja
25/10/2010
saya ini orang nya ganteng ,baik,gagah,cakep,ramah,imut,lucu, kalo mau add fb saya , nick saya Raja Luth Hasan ! hahahahahahahahhahaha :D :D :D :D
Balas   • Laporkan
545
04/07/2010
kirim kan aku poin blank
Balas   • Laporkan
claudya
08/05/2010
sya TruT berDuka cTa aTas gMpa nyA .......sMoGa ThaN MeBeRi peTunJuk Agr Dpt JlN yG lurus,,,,,,,,,,,,,,,
Balas   • Laporkan
rani
15/04/2010
bertobatlah sebelum gempa membuat bumi ini rata ............
Balas   • Laporkan
Darmawel
08/02/2010
Melihat rentetan gempa yg terjadi di negri ini, saya meyakini..disuatu wilayah dimana rantai kehidupan masyarakatnya kacau/susah untuk diatur misalkan : Pelarangan Pembalakan hutan tidak dihiraukan, Sistem perdagangan mengambil keuntungan sudah di batas k
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com