Ubud, Kota Terbaik di Asia

VIVAnews - Kota Ubud, Bali dinobatkan majalah Conde Nast Traveler yang terbit di Amerika melalui jajak pendapat yang diikuti 25 ribu responden, sebagai kawasan internasional terbaik di Asia (Top City in Asia).

Ubud dinilai membuat kesan luar biasa bagi masyarakat dunia karena keramahan penduduknya dalam menjaga budaya yg dimiliki.

Saat ini, Ubud menempati skor tertinggi mengalahkan kawasan Asia lainnya seperti Bangkok, Hongkong, dan Kyoto, Jepang. Tokoh Ubud, Tjokorda Raka Kerthiasa mengaku kaget dengan penobatan ini. 

"Ini menjadi cambuk bagi semua masyarakat Ubud, termasuk pemerintah, pengusaha agar terus berbenah diri. Terutama yang mudah untuk dilihat bidang infrastruktur dan lingkungan perlu diperbaiki," jelas pria yang akrab disapa Cok Ibah ini saat dikonfirmasi VIVAnews, Rabu, 3 Februari 2010.

Ini sebagai bentuk promosi wisata Ubud, karena sebelumnya Ubud dijadikan lokasi syuting film Eat, Pray, Love (EPL) yang dibintangi Julia Roberts.  

Keramahtamahan merupakan salah satu elemen penarik wisatawan dan hal ini perlu di jaga. "Kita harus mempertahankan senyum org Bali masih sama seperti 20 tahun lalu," kata dia.

Lingkungan kumuh harus dibenahi, jalanan yang macet, serta kerancuan penggunaan audio live music harus dikembalikan ke identitas Ubud.
 
"Sebagai masyarakat budaya harus dipertahankan dan jangan hanya mengejar karena uang saja sehingga pembangunan menjadi membabibuta," jelas Cok Ibah. Dia berharap, Ubud harus kembali kepada taksu, roh, melalui kegiatan spiritual.

Laporan: Dewi Umaryati | Bali

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu
Catherine Wilson

Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa

Round-up dari kanal Showbiz pada Jumat, 19 April 2024. Salah satunya tentang Catherine Wilson yang merasa malu karena mobil pemberian Idham Masse ditarik leasing.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024