Prostitusi Anak di Facebook, Modus Lama

VIVAnews - Kejadian memprihatinkan diungkap di Surabaya, Jawa Timur. Kepolisian Wilayah Kota Besar Surabaya mengungkap prostitusi anak baru gede (ABG) lewat laman jejaring sosial, facebook.

Sekitar 25 foto ABG berusia 15-16 tahun dipajang di facebook untuk dijajakan. Lalu, para pria hidung belang melakukan transaksi dengan mucikari, lewat chatting.

Sekretaris Jenderal Komnas Perlindungan Anak, Aris Merdeka Sirait, mengatakan prostitusi anak melalui dunia maya, sebenarnya modus lama.

"Dengan chatting, pertama dimanfaatkan para remaja untuk saling kenal, lalu kemudian mereka bertransaksi," kata Aris ketika dihubungi VIVAnews, Senin 1 Februari 2010.

Kemunculan facebook, dan laman jejaring sosial lain semisal, Twitter dan Friendster makin memudahkan proses transaksi tersebut. "Facebook mempermudah, karena bisa dilihat seperti apa gambar dan fotonya secara jelas. Sebelumnya, lewat chatting hanya digambarkan ciri-ciri fisiknya," tambah dia.

Ditambahkan dia, saat ini Komnas Perlindungan Anak sedang menangani 11 ABG korban chatting. Para ABG ini secara tak sadar terperosok dalam prostitusi.

"Modusnya, awalnya pelaku menjadi teman chatting, korban ditipu dan dirayu, hingga akhirnya mau bertemu dan melakukan hubungan seks dengan pelaku," jelas Aris.

Ketika melakukan hubungan itu, korban difoto. "Korban lalu diminta melayani orang lain, jika tak mau, diancam foto-fotonya akan disebar. Ini murni kriminal dan melibatkan jaringan," lanjut Aris.

Oleh jaringan prostitusi ini, Korban ini juga diminta membujuk teman-temannya. Prostitusi anak ini bahkan menyebar sampai ke Batam.

Prostitusi anak ini, kata Aris, mengancam setiap anak yang sudah melek teknologi. "Di manapun yang kenal Facebook, bahkan di desa sekalipun," kata dia.

Bagaimana untuk mencegah hal ini terjadi lagi? Kata Aris, dibutuhkan peran keluarga dan lingkungan.

"IT tak bisa kita bendung. Yang harus dilakukan agar bagaimana pendidikan keluarga dan nilai-nilai kemanusiaan yang diajarkan di sekolah mengimbangi perkembangan teknologi," tambah dia.

Han So Hee vs Hyeri: Drama Cinta Segitiga Ryu Jun Yeol Kembali memanas!
Bea Cukai gagalkan peredaran kokain cair

Joint Operation Bea Cukai dan Polri Gagalkan Peredaran Kokain Cair dan Serbuk MDMA

Joint operation Bea Cukai dan Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Metro Jaya ungkap dua kasus tindak pidana narkotika jaringan internasional.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024