NASIONAL

Blitar, Kota Agrowisata Belimbing

Awalnya memang hanya perkebunan biasa dengan kekhususan buah blimbing.
Sabtu, 30 Januari 2010
Oleh : Ismoko Widjaya
Belimbing

Surabaya Post - Sudah ada sejumlah objek wisata di kota Blitar yang selama ini didatangi banyak orang, namun Kota Blitar masih menyimpan potensi wisata lainnya. Sebut saja perkebunan Blimbing Karangsari, di Kelurahan Karangsari, yang tahun ini akan dikembangkan sebagai objek wisata.

Perkebunan blimbing Karangsari berdiri di atas tanah bengkok yang dikembangkan sejak tahun 2008 lalu. Saat ini perkebunan itu berkembang baik, rindang, dan sekali waktu didatangi masyarakat.

Maka muncul pemikiran dari pemerintah kota untuk mengembangkan perkebunan itu menjadi obyek wisata.

"Pengembangan ini sekaligus menjadi jawaban atas kepedulian Pemkot dalam upaya pengelolaan agrowisata buah Belimbing," kata Kepala Bidang Perencanaan Strategik Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Ir Djatmiko Budi Santosa, Sabtu 30 Januari 2010.

"Dalam perkembangannya, bibit belimbing yang ditanam di sini menunjukkan hasil yang menggembirakan untuk komoditas pasar. Terlebih, masyarakat yang memanfaatkan lahan tersebut mengelolanya secara sungguh-sungguh," katanya.

Pemkot melihat rintisan agrowisata tersebut dapat dikatakan berhasil dan mulai memerlukan pengembangan lebih lanjut, agar dapat menjadi objek agrowisata yang representatif.

Upaya pengembangannya itu kini tengah digodok, yang tentunya tidak akan lepas dari desain utama dan master plan yang telah didokumentasikan sebelumnya. Sehingga terlihat berkesinambungan pembangunannya.

Rencananya, kalau bisa, pengembangan agrowisata tersebut mulai direalisasikan tahun ini. Nantinya secara langsung maupun tidak langsung, Kota Blitar akan memiliki satu objek wisata unggulan yang berbasis pertanian dan lingkungan hidup, melengkapi objek wisata lainnya.

"Setelah pengembangan, pengelolaannya akan diserahkan kepada masyarakat pengelola lahan dan Pemkot sebagai fasilitatornya. Sehingga peran masyarakat tetap dibutuhkan dalam pengelolaan agrowisata tersebut.

Dari objek wisata ini, diharapkan dapat menjadi salah satu sarana meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Kelurahan Karangsari," jelasnya.

Ide kadang mudah diwujudkan, namun untuk mengembangkannya perlu kemauan keras yang kadang memerlukan pengorbanan.

Laporan: Tri Iwan Widhianto

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found