Menakertrans Canangkan 1.000 Desa Produktif

VIVAnews - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mencanangkan 1.000 desa produktif di Desa Simogirang, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Pencanangan tersebut disebutnya sebagai upaya menciptakan kesempatan kerja dan penyerapan tenaga kerja di kawasan pedesaan di Indonesia.
 
"Mulai tahun ini akan dimulai pengembangan model desa produktif, sebanyak 200 desa yang diharapkan mampu menyerap tenaga kerja atau wirausahawan baru sebanyak 125 ribu orang," kata Muhaimin di Jakarta, Rabu, 27 Januari 2010.

Anggaran bantuan pelatihan dan modal kerja dalam program tersebut yang disediakan pemerintah mencapai Rp 10 miliar, karena masing-masing desa akan mendapat alokasi Rp 50 juta.
 
Pengembangan model desa produktif, dia menambahkan, ditujukan untuk memberdayakan kewirausahaan masyarakat desa dalam memanfaatkan potensi ekonomi desa yang meliputi  sumber daya alam, sumber daya manusia, dan letak geografis.
 
Konsep awalnya di setiap desa akan dilatih 25 orang calon wirausaha. Kemudian 25 orang itu akan melatih 25 orang lainnya, sehingga setiap desa diharapkan dapat memberikan kesempatan kerja sebanyak 625 orang. "Programnya terus bergulir dan berkembang," ujar Muhaimin.
 
Dalam pengembangan desa produktif, kata dia, dibentuk kelompok Tenaga Kerja Penggerak Perluasan Kesempatan Kerja Pedesaan (TP2K2P) yang akan mengawali pelaksanaan program pengembangan desa produktif dan pembentukan kelompok usaha ekonomi kreatif yang menghasilkan barang dan jasa yang bernilai ekonomi.
 
"Program unggulan ini meliputi padat karya produktif, pelatihan tenaga kerja sukarela, dan pelatihan usaha mandiri sektor informal, serta pelatihan-pelatihan lainnya yang disesuaikan dengan minat, bakat dan potensi desa," ujarnya.
 
Berdasarkan data Biro Pusat Statistik (BPS) tahun 2008, jumlah desa yang tersebar di 33 provinsi seluruh Indonesia mencapai 75.378 desa. Untuk itu, desa produktif yang masuk program diharapkan berdampak positif dalam pengentasan pengangguran dan kemiskinan di pedesaan.

antique.putra@vivanews.com

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga
Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024