Ketua DPR: Tak Ada Upaya Saling Menjatuhkan

VIVAnews - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Marzuki Alie menyatakan tidak ada upaya saling menjatuhkan sesama lembaga tinggi negara. Ini menyusul pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono soal impeachment atau pemakzulan alias pelengseran kepala negara.

Namun, Marzuki mengatakan, bukan tidak mungkin ada pemakzulan bagi Presiden. "Terutama yang memang diperkenankan dalam konstitusi yang diatur di UUD 1945," katanya di Jakarta, 21 Januari 2010.

Dia mengatakan, pemakzulan bisa dilaksanakan bila Presiden melakukan perbuatan yang tercela, seperti korupsi, atau tidak lagi memenuhi tugasnya.

Sebelumnya, Presiden SBY berbicara soal pemakzulan kepada wartawan di Istana Bogor, kemarin. SBY menekankan bahwa sistem yang dianut Indonesia adalah presidensil bukan parlementer. Jadi, tidak mungkin ada mosi tidak percaya dari parlemen untuk menggembosi kabinet.

"Kalau dilaksanakan mosi tidak percaya, kabinet bisa jatuh bangun, menteri bisa berguguran," kata SBY.

hadi.suprapto@vivanews.com

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024
Calon Anggota Legislatif DPR RI dari Partai Demokrat, Fathi

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I

Partai Demokrat berhasil meraih satu kursi DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Barat I (Jawa Barat), Kota Bandung dan Cimahi periode 2024-2029. Sebab, partai yang diketuai

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024