Anggota Pagar Nusa Bojonegoro Serang Warga

SURABAYA POST - Tanpa sebab jelas, ribuan anggota perguruan pencak silat Pagar Nusa di Bojonegoro tiba-tiba mengamuk, Jumat 15 Januari 2010 malam. Akibatnya, puluhan warga terluka akibat sabetan benda tajam.

Tiga di antaranya mengalami luka cukup serius akibat bacokan. Ketiga warga tersebut adalah Ariyanto warga Desa Mojodeso, Heru dan Kaswan, warga Desa Sukowati.

Seusai terkena bacokan, ketiganya dilarikan ke RSUD Bojonegoro. Luka terparah dialami Ariyanto. Kepala dan beberapa bagian tubuhnya sobek oleh sajam (senjata tajam). 

Semalam, anggota Pagar Nusa tidak sekadar berkonvoi, tetapi juga melempari rumah-rumah warga di sekitar jalur yang dilewati dengan batu.

Mereka juga menyerang beberapa warga yang kebetulan lewat atau berada di pinggir jalan. Selain itu, konvoi memasuki warung-warung yang masih buka dan mengacungkan senjata tajam.

Pasca kejadian, ribuan warga mulai pukul 22.00 WIB bersiaga di pinggir jalan yang diduga akan dilewati rombongan saat mereka pulang. Ribuan warga tersebut berniat menghadang rombongan konvoi itu.

Dengan bersenjata pentungan dan batu, ribuan warga menunggu sampai konvoi lewat.

“Sedianya mereka akan mengikuti proses pengesahan di gedung Serba Guna,” ujar Taufik, Ketua Pagar Nusa Cabang Bojonegoro Jumat malam 15 Januari 2010.

Taufik mengaku mengetahui kejadian yang menyebabkan jalur Surabaya-Bojonegoro tersebut macet dari laporan anak buahnya. Dia juga mengakui peristiwa itu terjadi akibat kurang koordinasi dengan pihak keamanan.

”Kami memang tidak minta pengawalan pihak keamanan,” sambung Taufik.

Untuk mengantisipasi bentrokan warga dan anggota Pagar Nusa, Polres Bojonegoro mengerahkan dua kompi pasukan pengendalian massa yang dibantu Polsek terdekat.

Persita Vs Persib di Bali, Maung Bandung Diuntungkan?

”Kami masih berupaya mencegah bentrokan,” kata Komisaris Polisi Hariyono, Kabag Ops Polres Bojonegoro semalam.

Sejumlah regu dikerahkan menjaga titik-titik rawan yang dicurigai sebagai tempat penghadangan warga. Polisi belum berhasil mengamankan pelaku aksi tersebut.

”Kami cari pelakunya, sebab kami telah mengamankan barang bukti,” tegas Kabag Ops Polres Bojonegoro itu.

Saat ditanya latar belakang aksi tersebut, Hariyono belum bisa memastikan.” Masih dalam penyelidikan,” sambungnya.
 
Laporan: Gatot Rianto

[dok. PT Jasamarga Transjawa Tol]

Jasa Marga Catat 714 Ribu Kendaraan Sudah Kembali ke Jakarta saat Arus Balik Lebaran

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat bahwa sudah ada sebanyak 714.093 kendaraan yang sudah kembali ke wilayah Jabodetabek selama tiga hari pasca Lebaran tahun 2024.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024