Akhirnya Gerhana Matahari Terlihat di Jakarta

VIVAnews - Puncak gerhana matahari di Jakarta sudah lewat. Langit Jakarta yang semula mendung gelap, tiba-tiba cerah sejenak.

Pantauan VIVAnews dari lantai 31 Gedung Menara Standard Chartered, Jakarta, Jumat 15 Januari 2010, gerhana matahari terlihat antara pukul 15.20 - 16.00.

Entah kenapa sekitar pukul 15.20 langit Jakarta tiba-tiba sedikit cerah. Benderang pancaran matahari menyilaukan mata telanjang yang melihat langsung gerhana.

Gerhana matahari sebagian yang terlihat di Jakarta ini sesuai perkiraan. Pada pengamatan terlihat, bagian kanan bawah matahari terlihat menghitam.

Ada sekitar 10 persen bagian bawah kanan matahari yang tertutup. Bagian kanan bawah matahari itu seperti sebuah sodetan atau irisan kecil.

Fenomena ini hanya berlangsung beberapa detik saja. Tak lama kemudian, sekitar pukul 16.00, langit Jakarta kembali mendung. Gerhana matahari yang terlihat di Jakarta bukanlah gerhana total.

"Karena gerhana sebagian. Kalau total bisa berdampak langsung pada makhluk hidup," kata peneliti Lapan, Deasy Tresnonigrum.

Seperti diprediksikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, di Jakarta gerhana akan dimulai pada pukul 14:33:57 WIB, ketika piringan Bulan mulai menutupi piringan Matahari. Puncak gerhananya akan terjadi pukul 15:20:00 WIB, yaitu ketika persentase ketertutupan piringan matahari oleh piringan bulan mencapai puncaknya (11,30 persen). Gerhana berakhir pukul 16:01:40 WIB.

Sedangkan di Banda Aceh gerhana akan dimulai pada pukul 13:39:35 WIB, ketika piringan Bulan mulai menutupi piringan Matahari. Puncak gerhananya akan terjadi pada pukul 15:20:31 WIB, yaitu ketika persentase ketertutupan piringan Matahari oleh piringan Bulan mencapai puncaknya (57,00 persen). Gerhana pun berakhir pada pukul 16:44:28 WIB ketika piringan Bulan tidak lagi menutupi piringan Matahari.

Kementerian Haji Meminta Jemaah Umrah Harus Keluar dari Arab Saudi pada 6 Juni


ismoko.widjaya@vivanews.com

Gak Main-main, Manusia Silver di Makassar Bisa Raup Hingga Rp 8 Juta per Bulan
Dr. BRA. Mooryati Soedibyo

Haru, Angelina Sondakh Ungkap Inspirasi Kebaikan Mendiang Mooryati Soedibyo

Pada masa mengemban gelar sebagai Putri Indonesia, Angelina Sondakh sangat dekat dengan Mooryati Soedibyo.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024