Indonesia Hadapi Ancaman Nonmiliter

VIVAnews -- Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro menyatakan, dalam jangka waktu menengah, Indonesia tidak akan mengalami ancaman serius secara militer, khususnya di wilayah-wilayah perbatasan.

Ke depan, Indonesia akan menemui banyak tantangan justru nonmiliter, apakah itu berbentuk ideologi, politik, ekonomi, sosial maupun budaya. Melihat itu, sebetulnya adalah porsi nonmiliter yang sepenuhnya di luar lingkup militer. "Tapi kami tetap akan membantu dan dukung," ujar Purnomo kepada wartawan di kantor Dephan, Jakarta, Selasa 12 Januari 2010.

Meski demikian, dia tidak menampik bahwa ancaman militer dari eksternal bisa datang secara tiba-tiba, bisa dari negara lain maupun organisasi lain seperti Al-Qaida dan sebagainya.

Karena itulah, TNI terus membangun kekuatan untuk menangkal. "Tentu kalau kita lihat ancaman dan kita bagi kekuatannya, kita akan bangun kekuatan untuk suatu operasi militer dan nonmiliter," ujarnya.

Karena itu, untuk membangun kekuatan cukup besar, pemerintah dalam hal ini Dephan dan TNI akan terus meningkatkan tiga kali lipat untuk alutsista. "Tapi tentunya sesuai dengan anggaran, karena itulah dilakukan bertahap," tuturnya.

10 Lahan Terlantar yang Paling Menakjubkan di Bumi Saat Ini
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor saat berkunjung di SMPN 2 Tanggulangin. (Istimewa)

Alasan Sakit, Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Mangkir Panggilan KPK

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor atau Gus Muhdlor tidak memenuhi panggilan KPK pada Jumat, 19 April 2024, sebagai saksi dalam kasus korupsi pemotongan insentif ASN

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024