Menkeu: Anggaran Lapas Tergantung Depkumham

VIVAnews - Kementrian Keuangan akan mengkaji permintaan Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia terkait anggaran Rp 1 triliun untuk memperbaiki lembaga pemasyarakatan (LP/lapas) di seluruh Indonesia.

Namun Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, anggaran perbaikan Lapas semua tergantung pemda dan Depkumham.

"Itu tergantung masing-masing kalau terhadap kekurangan untuk membangun kapasitas lapas itu dan lokasinya di mana, kalau saya hanya dari sisi APBN saja," ujar Sri Mulyani di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Selasa 12 Januari 2010.

Mengenai permintaan anggaran Rp 1 triliun ini, Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar, sudah mengajukan ke Presiden. "Sudah saya sampaikan kepada Presiden," kata Patrialis Akbar, Senin kemarin.

Menurut Patrialis, pemerintah sudah berjanji akan mengucurkan dana tersebut. "Presiden juga sudah memberikan dukungan dengan pemerintah akan memberikan bantuan Rp 1 triliun untuk LP," kata politisi asal PAN itu.

Patrialis menjelaskan, saat ini kondisi lapas sudah sangat tidak memungkinkan lagi. "Manusia seperti ikan sepat, jangankan mau berbaring. Mau duduk saja susah," ujarnya.

Sejumlah tahanan di Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur, mendapatkan fasilitas khusus di ruang tahanannya. Mereka adalah Artalyta Suryani, Darmawati Dareho, Ines, Ery, dan Aling.

Artalyta misalnya mendapat ruangan terpisah dengan tahanan lain dengan fasilitas mewah. Di dalam ruangannya yang besar, terpidana suap jaksa Urip Tri Gunawan itu terdapat televisi, kulkas, pendingin ruangan, dan meja kantor.

Selain menemukan perlakuan khusus kepada Artalyta, Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum juga menemukan kasus yang sama di blok lain. Aling, terpidana kasus narkotika, bahkan memiliki fasilitas karaoke, televisi, dan ruang lebih besar.

hadi.suprapto@vivanews.com

9 Deretan Patung Yesus Kristus Tertinggi di Dunia, Indonesia Menempati Posisi Pertama
Pemain Juventus usai dikalahkan Udinese

Prediksi Serie A: Cagliari vs Juventus

Duel Cagliari vs Juventus dalam lanjutan Serie A matchday ke 33 di Stadion Unipol Domus, Sabtu 20 April 2024, pukul 01.45 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024