Jasad Didoakan Agar Bangkit

Puasa Mutih Berujung Maut

VIVAnews - Satu dari empat penghuni rumah kontrakan itu meninggal dunia. Selama empat hari, jenazahnya dibaringkan di dalam rumah. Tiga penghuni yang masih hidup tak henti memanjatkan doa agar jenazah itu hidup kembali.

Adalah Ani Minarti, 45, Ellyzabeth Titawahyu Arinda, 30, dan Andri, 25, yang terus berupaya membangkitkan Eni Juner, 35, dari mati. Mereka tak henti melantunkan doa sejak Eni meninggal pada Rabu, 6 Januari 2010.

Namun, hingga Sabtu, 9 Januari 2010, mukjizat yang mereka yakini akan terjadi belum juga terwujud. Ani tetap mati. Jasadnya membengkak dan meruapkan bau busuk ke sekitar rumah kontrakan di Jalan Pondok Randu RT 4 RW 02, Kelurahan Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat.

Pemilik kontrakan, Rochmat, mengatakan, Eni meninggal saat melakukan ritual puasa mutih selama 40 hari. Eni meninggal di hari ke-34, diduga akibat fisiknya tak kuat menjalani ritual tersebut. Selama menjalani ritual itu, Eni hanya makan sekali sehari dan mandi sekali sehari pada pukul 03.00 dini hari.

Berdasar keterangan tiga teman teman Eni, kata Rochmat, ritual itu dilakukan dengan tujuan untuk membersihkan diri dari dosa. Puasa mutih 40 hari dilakukan sebagai tolak bala. Ritual itu juga dipercaya bisa mengantarkan mereka ke Inggris dan Vatikan untuk perjalanan rohani. Dan saat Eni meninggal, Ani mengaku mendapat sebuah wahyu bahwa Eni dapat dibangkitkan kembali dengan doa.

Rochmat mengatakan, selama hampir 11 bulan tinggal di rumah kontrakan miliknya, empat penghuni rumah itu tak menunjukkan sikap ganjil. Hanya saja, mereka sangat tertutup dan tidak pernah menjalin komunikasi dengan warga sekitar. "Tapi kalau ditegur menyapa," kata Rochmat. 

Kristin, 29, warga yang tinggal di samping rumah kontrakan itu, mengatakan pernah melihat sekitar 10 orang jamaah gereja berkumpul di rumah itu. Namun, ia tak mengetahui aktivitas di dalam. "Saya nggak kenal orang-orangnya, kebanyakan ibu-ibu. Nggak ada yang mencurigakan," ujarnya.

Dorong Ekosistem Ekonomi Keuangan Digital, BI Bali Gelar Baligivation Festival 2024
Ilustrasi laboratorium.

Industri Laboratorium Makin Kinclong, Lab Indonesia 2024 Soroti Hal Ini

Pameran teknologi dan peralatan laboratorium terbesar di Asia Tenggara dan satu-satunya di Indonesia, Lab Indonesia 2024 kembali mempertemukan elit industri laboratorium.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024