IA PMII Dukung Gus Dur Pahlawan

VIVAnews - Dorongan kepada pemerintah untuk memberikan gelar pahlawan bagi mantan presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur terus mengalir. Salah satunya muncul dari Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IA PMII).

"Kami mengimbau agar jangan menunda-nunda untuk memberikan gelar pahlawan bagi Gus Dur," kata Ketua Pengurus Besar IA PMII, Arief Mudatsir Mandan, dalam jumpa pers, di Jalan Jeruk, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 6 Januari 2010.

Jasa Gus Dur memperjuangan semangat pluralisme dan kebhinekaan layak dihargai. Bahkan, menurutnya Gus Dur tak pernah melakukan hal tercela sehingga gelar itu dapat diberikan tanpa proses rehabilitasi. "Menurut kami sejak dulu nama Gus Dur sudah baik tidak pernah tercemar," ujar Arief.

Sekretaris PB IA PMII, Effendy Choirie yang akrab disapa Gus Choi menambahkan, Gus Dur tak pernah salah mengelola bangsa Indonesia. Ia juga yakin Gus Dur tak salah dalam kasus Bullogate dan Bruneigate yang pernah menjegal semasa Gus Dur berkuasa. "Gus Dur dijatuhkan bukan karena salah tapi karena kalah," ujarnya.

Selain gelar pahlawan, penghormatan bagi Gus Dur juga akan dilakukan IA PMII dengan mendirikan Universitas Abdurrahman Wahid. Melalui perguruan tinggi, IA PMII ingin melestarikan ide dan gagasan Gus Dur terkait pluralisme, penegakan hak asasi manusia dan demokratisasi.

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia
Tim Penyelamat Evakuasi Korban di Gedung Konser Moskow (Doc: X)

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

Amerika Serikat (AS) disebut toleh Rusia elah mengambil tindakan terburu-buru dengan menyalahkan kelompok teror ISIS, atas teror di Moskow.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024