Segera Hadir, Angkot Bebas Copet di Surabaya

SURABAYA POST - Peremajaan angkutan kota (angkot) atau bemo terus digagas pemkot. Salah satunya dengan mendesain angkot yang aman dari copet dan berpendingin udara.

Angkot bebas copet didesain dengan kaca lebar dan tembus pandang. Dengan desain seperti itu semua penumpang di dalam angkot bisa terlihat dari luar, demikian pula bila ada copet bergentayangan di dalamnya.

“Kami masih mendesain kendaraan angkutan perkotaan yang layak, aman, nyaman, dan tepat waktu. Salah satunya, kaca akan lebih besar dan tembus pandang dari luar, sehingga kalau ada copet atau tindak kriminal lain di dalam angkot bisa diketahui secara langsung dari kaca tersebut,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko), Tri Rismaharini, Selasa 5 Januari 2010.

Menurutnya, pihaknya masih merahasiakan detail desain kendaraan yang dimaksud. Tapi, jika nanti desain angkutan umum itu sudah rampung, pihaknya akan langsung mengajukan ke pusat.

Bappeko, lanjutnya, juga akan melakukan penataan titik-titik transportasi. Angkutan perkotaan berskala kecil diharapkan bisa melaju hingga ke pemukiman. Agar warga kota pun merasa dekat dengan sarana transportasi.

“Kami juga sudah menyiapkan jalur-jalur baru yang ada di perumahan. Bahkan, nanti sub terminal mini ada di perumahan untuk menaikturunkan penumpang. Tapi terminal ini bukan untuk ngetem, sebab nantinya angkutan umum harus berbasis pada ketepatan waktu,” katanya.

Oleh: Purnomo Siswanto

Kantongi Surat Tugas Maju Pilgub, Bobby Nasution: Tak Perlu Daftar Lagi ke Golkar Sumut
Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia / MKRI

MK Juga Surati KPU dan Bawaslu, Bakal Bacakan Dua Putusan

MK bakal membacakan putusan sidang perselisihan pemilihan umum (PHPU) atau sengketa Pilpres 2024 pada 22 April 2024 mendatang.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024