Awal 2010 Disambut Gerhana Bulan Sebagian

VIVAnews - Hari pertama tahun 2010 disambut oleh Gerhana Bulan Sebagian, yang juga bisa diamati dari bagian barat dan tengah Indonesia, pada dini hari tadi.

Seperti yang diumumkan pada situs Badan Meteorologi dan Geofisika,  gerhana bulan yang terjadi menutupi 8,2 persen dari keseluruhan piringan Bulan yang nampak dari Bumi. Oleh karenanya dinamakan Gerhana Bulan Sebagian (GBS).

Gerhana terjadi mulai pukul 17.17 waktu Greenwich/ Universal Time (UT), dan bulan akan mulai memasuki bayangan Umbra Bumi, pada pukul 18.52 UT. Sejak saat itulah piringan Bulan mulai tertutupi piringan Bumi.

Puncak gerhana bulan sebagian terjadi pada 19.22 UT, dan pada pukul 19.52 UT, Bulan mulai meninggalkan bayangan Umbra Bumi dan piringannya mulai kembali utuh. Pada pukul 21.28 UT, gerhana ini berakhir.

Namun, karena perbedaan waktu antara Greenwich dengan Indonesia adalah antara 7-9 jam, maka di Indonesia, gerhana tersebut terjadi sekitar pukul 00.17 - 04.28 wib.

Prabowo: Tuduhan Prabowo-Gibran Menang Curang Lewat Bansos Sangat Kejam

Secara keseluruhan, proses tertutupnya piringan Bulan terjadi selama sekitar satu jam, dan lama proses Gerhana Bulan Sebagian ini sejak awal hingga akhir, terjadi selama 4 jam 11 menit.

Angger Dimas saat berada di makam Dante

Angger Dimas Ungkap Alasan Sang Ibunda Dimakamkan Dekat Makam Dante

Angger Dimas mengungkap alasan memakamkan jenazah Tri Rahayu di dekat makam sang buah hati, Dante.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024