Wakapolri Baru Diumumkan Sore Ini

VIVAnews - Sore ini, Rabu 30 Desember 2009, Polri rencananya akan mengumumkan pengganti Komisaris Jenderal Makbul Padmanegara untuk menduduki jabatan Wakapolri.

"Sore ini saya didampingi pejabat utama lengkap akan mengadakan pertemuan [membahas siapa Wakapolri]," kata Kapolri, Jenderal Bambang Hendarso Danuri di Markas Besar Kepolisian, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Rabu sore.

Pergantian harus segera dilakukan. Karena, "Wakapolri memang waktunya pertanggal 1 Januari 2010 sudah harus mengakhiri masa tugasnya," tambah dia.

Bambang Hendarso menambahkan nanti sore Polri akan menyampaikan siapa pengganti Jenderal Makbul.

"Jadi, nanti sore. Serah terima jabatan akan kita laksanakan hari Senin mendatang yaitu 4 Januari 2010," tambah dia.

Jadi, siapa saja calon Wakapolri? "Siapa yang menjabat pengganti beliau [Makbul] belum kita ketahui," tambah Bambang Hendarso.

Bursa pencalonan Wakapolri sempat dibumbui perseteruan. Mantan Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri, Komisaris Jenderal Susno Duadji berniat  melaporkan pengamat kepolisian, Bambang Widodo Umar ke polisi atas dugaan pencemaran nama baik.

Susno mempermasalahkan pernyataan Bambang di Koran Tempo tanggal 14 Desember 2009, halaman 6.

Dalam pernyataannya, Bambang meminta pada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono maupun Kapolri untuk tidak lagi mengajukan nama Komisaris Jenderal Susno Duadji sebagai Wakapolri.

"Kalau nekat pilih Susno, masyarakat akan berpendapat Polri tak mendengar aspirasi mereka, karena Susno telah membuka permusuhan dengan masyarakat," demikian ditulis rilis tersebut, mengutip pernyataan Bambang.

Menurut pihak Susno, pernyataan tersebut tidak ada dasarnya dan merupakan kebohongan besar.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga
Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024