80 Pecinta Alam Dilatih Ilmu Geologi

VIVAnews - Sebanyak 80 pecinta alam akan dibekali ilmu-ilmu geologi dari instruktur yang pakar di bidangnya. Para pecinta alam ini diharapkan dapat menyebarkan informasi soal geologi ke seluruh penjuru tanah air.

"Tujuannya agar mereka menjadi tahu dan terlibat dalam proses mitigasi bencana. Karena mereka-mereka ini sering 'keluyuran' ke beberapa tempat," kata koordinator instruktur Andang Bachtiar dalam perbincangan dengan VIVAnews, Kamis 24 Desember 2009.

Menurut Andang, bila para pecinta alam ini dapat membaca fenomena alam, maka mereka dapat mencatat dan melaporkannya kepada organisasi-organisasi sejenis atau pemerintahan.

"Misalnya, ketika mereka menemukan mahkota longsoran, longsoran purba, atau jejak-jejak gempa," ujar mantan ketua umum Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) ini.

Nantinya diharapkan, ada sinergi antara para ahli perbumian dengan para pecinta alam. Karena menurut Andang, tidak semua ahli bumi melakukan penjelajahan seperti para pecinta alam.

"Ini penguatan masyarakat internal. Nanti kita akan kerjasama dengan para pecinta alam itu," ujar alumus Geologi ITB ini.

Rencananya, 80 pecinta alam se-Malang Raya itu akan diberikan pembekalan pada malam ini. Mereka akan dikumpulkan di Pantai Tamban, Malang Selatan untuk mengenali paleo-tsunami, jejak-jejak gempa, dan proses letusan gunung api.

Para pecinta alam ini juga akan dikenalkan dengan sisa-sisa dan jejak longsoran tanah, mengenali mineral, batuan dan geologi secara praktis. Pembekalan ini digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun organisasi pecinta alam AMC atau Adventurers & Mountain Climbers ke 40.

Serahkan Kesimpulan Sidang Sengketa Pilpres, Anies: Semoga MK Beri Keputusan yang Baik

Para pakar yang akan memberikan materi itu antara lain, Eko Teguh dari UPN, Eko Yulianto dari LIPI, Andri dari ITB, Andang Bachtiar dan Agus Hendratno dari UGM.

Duel AC Milan vs AS Roma

Prediksi Liga Europa: AS Roma vs AC Milan

Duel AS Roma vs AC Milan dalam Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Olimpico, Jumat 19 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024