NASIONAL

Pukul 12, MUI Bahas Senam Yoga

Majelis Ulama Indonesia menggelar rapat harian untuk membahas senam pernapasan yoga.

ddd
Selasa, 25 November 2008, 10:45
yoga
yoga (dok. Corbis)

VIVAnews - Majelis Ulama Indonesia menggelar rapat harian untuk membahas senam pernapasan yoga. Agenda ini merupakan tindak lanjut dari keputusan Dewan Fatwa Nasional Malaysia yang mengeluarkan fatwa haram bagi senam yoga.

Rapat harian yang digelar Majelis Selasa, 25 November 2008, sebenarnya merupakan agenda rutin biasa. Tetapi, karena kali ini rapat mengagendakan membahas soal senam yoga, maka pertemuan ini menjadi pusat perhatian.

Berdasarkan informasi yang diperoleh VIVAnews di sekretariat Kantor Pusat MUI, di Jalan Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, rapat harian itu akan digelar sekitar pukul 12.00 WIB. Hingga kini, belum ada satupun Ketua Bidang MUI yang hadir.

Ketua Majelis, Umar Shihab, kepada VIVAnews, Senin, 24 November 2008, mengatakan, MUI akan menggelar rapat yang membahas soal senam yoga. Umar mengatakan, hingga kini, Majelis memang belum pernah memelajari soal senam pernapasan yang masih berkategori olahraga itu.  

"Penelitian memang belum pernah ada. Yang saya tahu, Yoga itu masih tergolong olahraga biasa. Kecuali, memang ada anggapan bahwa praktek pelaksanaan senam yoga ternyata bertentangan dengan syariah," jelas Umar.

Pemerintah Malaysia melalui Dewan Fatwa Nasional mengeluarkan fatwa haram untuk pelaksanaan senam yoga. Alasannya, Malaysia menilai umat muslim yang mengikuti senam yoga akan terpengaruh untuk mengikuti ajaran agama lain.

Banyak masyarakat, terutama selebritis, yang khawatir fatwa haram untuk senam yoga itu menular ke Indonesia. Artis Donna Agnesia dan Lola Amaria merupakan salah satu yang keberatan bila senam yoga akhirnya diharamkan. Keberatan itu juga datang dari pelatih yoga, Petra Odebrecht, wanita asal Belanda yang menjadi caleg di Bali.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
Bambang Nurkholis
22/06/2010
Bagaimana kalau senam yoga dibuat versi bernafaskan islam. Kan yang penting diambil teknik pernafasannya. sedangkan yang lain lain harus selaras dengan ajaran islam. OK
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id