UGM Beri Penghargaan Pada 25 Alumni

VIVAnews - Rektor Universitas Gadjah Mada, Prof. Ir. Sudjarwadi, M.Eng., Ph.D., menyerahkan penghargaan kepada 25 alumni yang berprestasi di bidangnya. Penghargaan ini untuk pertama kalinya dilakukan UGM.

Seperti dilansir laman UGM, Kamis 17 Desember 2009, penghargaan tersebut dibagi menjadi lima kategori. Untuk kategori pengabdian di daerah terpencil, peraih penghargaan adalah dr. Hj. Nuke Hartinah Setiati (Kepala Puskesmas Bukit Kapur, Dumai, Riau), dr. Sudanto (dokter praktik Rp 2.000 di Abepura, Papua), Eko Prabowo, S.S. (Guru SMPN 1 Muting, Pedalaman Merauke), dr. Aryono Wardiman (dokter di pedalaman Kutai Kertanegara), dan Ilham Syifa, M.Si. (Kades Tanjungori, Pulau Bawean).

Untuk kategori memajukan pembangunan daerah, penghargaan diberikan kepada Drs. Soelarno (Bupati Purbalingga periode 1989-1999), Drs. Wellington Wenda, M.Si. (Bupati Pegunungan Bintang, Papua), Ir. Ismun Uti Adan (penemu kincir air murah), dan drh. Agus Sutrisno (pengembang unggas di Brebes, Tegal, dan Banyumas).

Selanjutnya, penghargaan kategori pelaku pengerahan tenaga mahasiswa, penerimanya adalah R. Muhammad Badjuri, S.H. (SMA Padang Sidempuan, 1954-1957), Prof. Dr. Bimo Walgito (SGA dan SMA Payakumbuh), Dra. Hj. Aswarni Sudjud, M.Sc. (SGAN Solok, 1957-1959), H. Soenarsono, B.Sc.(SGAN Pematang Siantar, 1957-1960), dan Hj. Sumarni Umar Suwito, B.A. (SGAN Tanjungkarang, 1957-1959).

Kategori memajukan pendidikan di daerah diraih oleh Drs. K.R.H.H. Anwar Chanani (perintis Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur), Drs. H. Lalu Azhar (perintis perguruan tinggi di NTB), Drs. H.M. Jusuf Paddong (perintis perguruan tinggi di Sulawesi Selatan), Drs. H. Soedjono (perintis perguruan tinggi di Cirebon), dan Prof. Dr. Ir. Zainal Muktamar, M.Sc. (Rektor Universitas Bengkulu).

Berikutnya, kategori mengembangkan jejaring dan mempererat pelaksanaan nilai-nilai UGM, terpilih sebagai penerima penghargaan ialah Ir. Budi Karya Sumadi (Dirut PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk.), Ir. Ikhsyat Syukur (Ketua Pengda Ikatan Ahli Geologi Indonesia), Prof. Dr. Slamet Widodo, M.M. (Ketua Kagama Sumatera Selatan), Ir. Sudjatmiko (Dirut PT Esakta Profesitama), dan Dr. Ir. Rudy T. Koesnendar, M.F. (Korwil Kagama Indonesia Bagian Tengah).

Selain alumni berprestasi, Rektor juga menyerahkan penghargaan kepada mahasiswa, tenaga kependidikan, dan tenaga pendidik. Dalam pidato sambutannya, Rektor mengatakan pemberian penghargaan kepada alumni untuk pertama kalinya dilakukan di UGM bersamaan dengan perayaan Dies Natalis ke-60 UGM. Pemberian penghargaan ditujukan kepada alumni yang telah mengabdi di berbagai penjuru daerah. Rektor berharap penghargaan ini dapat memberi memberikan inspirasi bagi seluruh warga UGM dan masyarakat Indonesia.

“Mereka yang berprestasi memberi inspirasi bagi warga UGM sebagai pendidik, tenaga kependidikan, dan mahasiswa benar-benar melanjutkan pembangunan dengan nilai-nilai dalam satu visi untuk mengabdi kepada kepentingan dan kemakmuran bangsa. UGM didirikan untuk bangsa dan kemanusiaan, untuk pembangunan kehidupan,” kata Rektor.

Ditambahkan Rektor, pemberian penghargaan ini juga untuk memunculkan idola kehidupan yang lebih baik dan bermakna menuju Indonesia yang dicita-citakan lebih baik lagi. “Meski mereka memiliki rezeki finansial yang berbeda, tapi memiliki kesamaan dalam pengabdian dan berbuat untuk rakyat,” tuturnya. Rektor mengharapkan di masa mendatang akan lebih banyak lagi insan alumni UGM yang dapat menjadi inspirasi bagi orang lain.

Chandrika Chika Pernah Terlibat Urusan dengan Polisi Sebelum Jadi Tersangka Narkoba, Kasus Apa?
Chandrika Chika

Penampakan Chandrika Chika Usai Ditetapkan Jadi Tersangka Kasus Narkoba, Udah Pakai Baju Oren

Publik kembali dihebohkan dengan perbuatan selebgram Chandrika Chika, yang kini ditetapkan sebagai tersangka kasus penyalahgunaan narkoba. Dia ditangkap bersama temannya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024