Yang Terganggu Saat '2012' Tiba

VIVAnews - Kehidupan bumi tidak akan musnah saat badai matahari datang. Namun ada yangharus diwaspadai. Sebab badai ini akan mengganggu operasional teknologi tinggi. Apa saja yang terganggu saat badai tiba?

Kepala Bidang Matahari dan Antariksa Lapan, Clara Yono Yatini di sela sosialisasi Fenomena 2012 di kantor Lapan, Jakarta, Selasa 15 Desember 2009, mengatakan badai itu hanya mengganggu satelit, sistem navigasi dan medan magnet yang berkaitan dengan listrik.

"Saat terjadi badai, satelit-satelit yang mengorbit bumi berpotensi rusak dan mengalami penurunan orbit," kata Clara.

Lapan, kata dia, telah  melakukan penelitian di bidang matahari untuk mengantisipasi terjadinya gangguan apabila terjadi badai matahari dan teknologi tinggilah yang paling pertama terkena dampak. Badai juga akan mengganggu sistem telekomunikasi.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

Kepala Pusat Pemanfaatan Sains dan Antariksa Lapan, Sri Kaloka di tempat yang sama menuturkan, navigasi juga akan terkena dampak badai. Saat badai melanda, ionosfer (partikel-partikel ion yang memantulkan gelombang) akan berubah. Dengan sendirinya akurasi gelombang radio, GPS  dan navigasi penerbangan yang memanfaatkan  ionosfer untuk memantulkan gelombang akan berubah.

Sri juga mengaku belum tahu bagaimana fenomena alam yang besar berpengaruh pada listrik. Karenanya Lapan akan menggalang kerjasama dengan PLN untuk meminta data-data mereka.

"Kita akan cocokkan dengan data-data matahari. Misalnya kalau ada kejadian besar, itu berpengaruh tidak terhadap kerusakan transformer mereka. Kalau berpengaruh berarti ada kaitan," kata dia.

Di Australia, kata dia, ada penelitian mengenai proyek pipa minyak yang berpengaruh terhadap medan magnet tinggi sehingga terjadi oksidasi atau  karat. "Ini ada kaitan dengan badai matahari," kata dia.

Selain bekerjasama dengan PLN, Lapan juga akan  bekerja sama dengan Departemen Perhubungan. "Dengan postel nanti mengenai gelombang komunikasi frekuensi dan navigasi penerbangan," kata dia.

Baik Clara maupun Sri yakin antisipasi sejak dini bisa dilakukan. Hal ini merujuk pada jauhnya jarak matahari ke bumi yang mencapai 150 juta km. Menurut Clara, matahari yang dilihat manusia saat ini merupakan penampakan yang terjadi delapan menit yang lalu.

Kejadian delapan menit yang lalu ini, menurut dia, biasanya baru berimbas ke bumi dua hari setelah itu. "Karena itu kalau badai terjadi, kita bisa melakukan antisipasi, misalnya jika ada satelit yang akan diluncurkan, kalau bertepatan dengan terjadinya badai matahari kami bisa informasikan jangan diluncurkan dulu karena akan merusak satelit," kata dia.

"Untuk itu kami bisa informasikan dua hari lagi akan terjadi badai matahari. Informasi tersebut akan menjadi referensi bagi pelaku teknologi. Dengan begitu kerugian terhadap kerusakan alat-alat teknologi dapat dicegah," katanya.

Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024