Gara-gara Motor, Bupati Karawang "Ngamuk"

VIVAnews - Bupati Karawang Dadang S Muchtar "ngamuk" dan mengungkapkan kekecewaan atas semakin pesatnya pertumbuhan kendaraan bermotor di wilayahnya.

Respons Kemlu Terkait Anggota PBB yang Singgung Netralitas Jokowi di Pemilu

Menariknya, curahan hati sang bupati diungkapkan saat sambutan seremoni pelepasan ekspor perdana 1.000 unit Honda Freed di Kawasan Industri Mitrakarawang, Jawa Barat.

"Saya minta pemerintah mengurangi produksi motor," kata Dadang di lokasi pabrik PT Honda Prospect Motor, Karawang, Jawa Barat, Senin 14 Desember 2009.

Sambutan penuh semangat Dadang disaksikan Wakil Menteri Perdagangan Mahendra Siregar, Wakil Menteri Perindustrian Alex Retraubun, Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor Yukihiro Aoshima, jajaran eselon I Departemen Perdagangan dan Departemen Perindustrian, serta jajaran manajemen PT Honda Prospect Motor.

Pesatnya laju pertumbuhan produksi motor, menurut Dadang, justru membawa dampak negatif bagi masyarakat.

"Dengan upah minimun kabupaten Karawang sebesar Rp 1,2 juta per bulan, rata-rata pegawai membayar uang muka kredit motor sebesar Rp 500 ribu. Bagaimana bisa hidup sebulan dengan uang Rp 600 - 700 ribu? Akhirnya jadi kurang gizi," ujar Dadang berapi-api.

Menurut dia, kebanggaan pemerintah atas produktivitas motor nasional yang tinggi justru membuat rakyat kecil menjadi konsumtif dan akhirnya melakukan upaya kriminal untuk menutupi kebutuhan materi sehari-hari.

"Dengan gaji tersisa hanya Rp 600 ribu, akhirnya orang akan berbuat korupsi, merampok, dan gizi buruk," kata dia.

Sebagai rasa keprihatinan banyaknya pengangguran di wilayahnya, sementara eksodus pekerja pendatang terus mengalir, dalam setiap pembangunan pabrik di kawasan industri di Karawang, Dadang mensyaratkan sebanyak 50 persen dari pekerja pabrik harus berasal dari penduduk asli Karawang.

Berdasarkan data Pemda Karawang, diketahui rata-rata jumlah pengangguran tingkat SMA sebanyak 7 ribu orang per tahun dan untuk tingkat SMP sebesar 29 ribu orang per tahun. Padahal, daya serap lapangan kerja hanya sebesar 14 ribu orang per tahun.

Karawan sebagai kawasan industri yang dicanangkan sejak Orde Baru juga belum mampu membantu mengurangi angka pengangguran. Target 80 kawasan industri yang akan tersebar di Karawang, baru terealisasi 5 kawasan. Kelima kawasan industri ini telah menampung sebanyak 279 perusahan pemodal asing (PMA) dan 282 perusahaan pemodal dalam negeri (PMDN).

hadi.suprapto@vivanews.com

Pendeta ini ajak jemaatnya berburu takjil

Viral, Pendeta Ini Ajak Jemaat War Takjil: Soal Agama Kita Toleran, Kalau Soal Takjil Kita duluan

Baru-baru ini nampaknya jokes takjil sudah sampai ke para pendeta. Bahkan mereka mengajak jemaatnya untuk berburu takjil. Salah satu pendeta itu Marcel Saerang.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024