Demam Berderah Serang Dua Desa di Bojonegoro

SURABAYA POST -- Perasaan was-was menghantui  warga  Dua Desa di Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro. Pasalnya, dalam dua pekan terakhir tujuh anak-anak dan satu pria dewasa harus dibawa ke Rumah Sakit sebab diduga terkena suspect Demam Berdarah.

Desa Senganten dan Desa Gondang telah lama dinyatakan Endemis Demam Berdarah ( DBD ) oleh pihak Puskesmas Kecamatan Gondang.Hal tersebut memunculkan ketakutan bagi warga setempat ketika tujuh anak di rujuk ke Rumah Sakit karena diduga kuat terkena virus Dengue ( virus Demam Berdarah ).

”Desa Senganten dan Desa Gondang dinyatakan Endemis DBD,” ujar Adi Y Sugiarto, tenaga medis Puskesmas Gondang yang menangani P2DBD ( Penanggulangan Penyakit Demam Berdarah )

Astika Wahyu Sagita ( 8 ) warga Dusun Tikung RT 09/RW 02 Desa Senganten dan Vicky Ferdiansa ( 11 ) warga Dusun Ngepeh RT 01/RW 01 Desa Senganten, adalah dua dari tujuh anak yang  dirawat di RS.Astika dirawat di RSUD Kabupaten Nganjuk sedang Vicky dirawat di RSUD Kabupaten Bojonegoro.

“ Yang positif hanya dua, yang lainya belum ada umpan balik dari Rumah Sakit,” kata Dr Andik Sujadmika, Kepala Puskesmas Gondang, Senin pagi  ( 14/12 ).

Namun demikian pihaknya tidak mau kecolongan dengan peristiwa tersebut.Terbukti dua  hari lalu ( 11/12 ) ,  Dinas Kesehatan Bojonegoro  mengirim tenaga Foging ke Desa Senganten setelah menerima laporan dari Puskesmas Gondang.

Tercatat ada enam RT di Desa Senganten yang di foging petugas.Rencananya kegiatan foging akan dilakukan di Desa Gondang bila diperlukan.” Kita sedang memantau keadaan, bila diperlukan foging akan kembali kita lakukan untuk pencegahan,” sambung Dr Andik.

Dengan datangnya musim penghujan, Puskesmas Gondang sebulan lalu telah melakukan sosialisasi DBD dan Pemberantasan Sarang Nyamuk  (PSN).Diharapkan, sosialisasi tersebut dapat menambah pengetahuan tentang cara mengendalikan perkembangbiakan jentik Aedes Aigypti sekaligus menambah pengetahuan tentang DBD.

Laporan: Gatot Riyanto

Ganjar soal Prabowo Bakal Rangkul Lawan Politik: Saya Lebih Baik di Luar Pemerintahan 
Ari Sigit, cucu mantan Presiden Suharto

Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

Artikel sederet nama perempuan yang pernah menjadi istri cucu Soeharto, Ari Sigit menjadi yang terpopuler di kanal Trending VIVA.co.id sepanjang Rabu, 24 April 2024

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024