Dibutuhkan Sukarelawan Hitung Koin Prita

VIVAnews - Gerakan 'Koin Peduli Prita' mendapat dukungan luar biasa dari masyarakat dari berbagai daerah. Jumlah uang koin yang terkumpul selama seminggu terakhir mencapai ratusan juta rupiah.

Panitia pengumpulan koin di Wetiga, Jalan Langsat 1/3 A, Keramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, masih membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin membantu menghitung koin.

Penghitungan dimulai pukul 09.00, Senin 14 Desember 2009. "Ada 100 karung lebih koin yang perlu dihitung," kata Anindita Maharani, salah satu sukarelawan.

Jumlah sementara yang berhasil dihitung mencapai Rp 195 juta yang tersimpan dalam lima karung. Masing-masing karung terdiri dari uang koin dari berbagai pecahan yang nilainya sekitar Rp 34 juta. Penghitungan ditargetkan selesai pada Kamis, 17 Desember 2009.

Gerakan 'Koin Peduli Prita' dipicu vonis Pengadilan Tinggi Banten yang mengharuskan Prita membayar ganti rugi kepada Rumah Sakit Omni Internasional Alam Sutera sebesar Rp 204 juta. Koin yang terkumpul akan disumbangkan kepada Prita untuk membayar RS Omni.

Namun, akhir pekan lalu RS Omni resmi mencabut gugatan perdata terhadap Prita. Hal itu otomatis menghapuskan vonis denda Prita. "Meski gugatan dicabut, kami tetap akan menyerahkan koin-koin itu kepada Prita, setelah itu mau digunakan untuk apa silakan termasuk untuk membantu kasus-kasus serupa," ujar Enda, salah satu sukarelawan.

Selain koin, Prita juga menerima sejumlah sumbangan melalui rekening dari sejumlah tokoh seperti para anggota DPD RI senilai Rp 50 juta, Fahmi Idries, 102 juta, Partai Demokrat Rp 100 juta, MS Kaban Rp 5 juta, dan Yenny Wahid Rp 5 juta. Prita berencana menggunakan dana yang terkumpul untuk membantu para korban ketidakadilan hukum.

Ledakan Terdengar di Bandara hingga Pusat Nuklir Iran
Tunggal putra Jepang, Kento Momota

Kento Momota Announces His Resignation from Badminton

Two-time world champion Kento Momota announced on Thursday his resignation from international badminton, admitting he had never been the same since a serious car crash fo

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024