Pelatih Yoga di Bali, Petra Odebrecht:

Sejak Kecil Sudah Belajar Yoga

VIVAnews –Senam pernafasan Yoga diharamkan Dewan Fatwa Malaysia. Alasannya, seni kesehatan itu membawa ajaran-ajaran Hindu. Tapi, bagi pelatih Yoga di Bali, Petra Odebrecht, Yoga tidak ada kaitan dengan ajaran tertentu. Yoga adalah senam kesehatan. Berikut petikan wawancara VIVAnews dengan pelatih Yoga asal Jerman yang juga  calon anggota legislatif dari Partai Demokrasi Pembaruan  Provinsi Bali itu.

Jokowi Resmikan Huntap hingga Proyek Infrastruktur Pascabencana di Sulteng

Sejak kapan berlatih Yoga?

Sejak kecil saya sudah dikenalkan kepada Yoga. Saya belajar delaepan tahun di  Bali dan Jerman. Saya mengajar Yoga dua tahun di Bali.

6 Lokasi Camping Populer di Luar Negeri, Ayo Kunjungi!

Kenapa anda tertarik?

Saya sangat senang. Karena Yoga itu sesuatu yang membuat situasi dan kondisi menjadi baik. Terutama meningkatkan konsentrasi dan kesadaran.

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Apa manfaatnya?

Manfaat buat saya terutama kesehatan menjadi jauh lebih baik. Mulai dari yang sederhana, misalnya  flu atau batuk. Meski di sekeliling saya keadaannya banyak yang sakit. Tapi, biasanya saya paling kuat.  Jauh lebih kuat.

Saya di Bali sering mengikuti kegiatan yang membutuhkan duduk lama. Saya kuat bisa lama. Sementara orang lain sudah ke sana-kemari karena kesakitan. Juga soal emosi. Belajar yoga menururnkan tingkat emosi.

Yoga juga membuat kesadaran diri sendiri menjadi lebih baik. Saya dulu perokok dan sekarang berhenti. Saya berhentik karena rasanya badan saya bilang sudah tidak cocok merokok.

Juga anggota les saya, dia punya masalah punggung. Usianya 50-an. Saya melihat semakin dia mengikuti les, semakin flesibel badannya. Punggungnya tidak bongkok.

Menurut anda Yoga itu apa?

Yoga itu semacam refleksi yang membuat badan menjadi fleksibel. Yoga itu artinya cara untuk mendapatkan kesadaran lebih tinggi lagi. Ada banyak macam yoga. Semua untuk membantu bersemedi dan konsentrasi. Semua itu itu untuk body mind. Itu bukan agama dan tidak tergantung agama. Mau dari Budhis, muslim, Kristen, silakan saja bisa lakukan yoga.

Yoga cocok buat semua orang. Mau anak kecil sampai orang tua usia 60, 70 tahun. Semua bisa lakukan itu.  Makanya, di tempat asal Yoga, India, Yoga dimasukkan ke pelajaran sekolah. Jadi, di sana dari anak kecil sampai orang besar melakukan yoga sehingga konsentrasinya bagus.

Menurut anda mengharamkan Yoga itu apakah tepat?

Saya tidak tahu alasan mengharamkan itu apa. Saya rasa itu  kesalahpahaman. Memang betul itu dari India. Ada bau Hindhuisme. Tapi kalau lihat dari histori itu tidak ada kaitan dengan agama.
Yang jelas, itu semua orang bisa lakukan. Dan tidak ada aturan tertentu untuk mencapainya. Itu bukan agama. Itu pernafasan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya