Wow! Gerhana Bulan Tepat di Malam Tahun Baru

VIVAnews - Perayaan tahun baru kali ini diprediksi akan semakin menarik dan berkesan. Karena, memasuki awal tahun 2010 mereka yang merayakan tahun baru di luar arena terbuka akan bisa menyaksikan keindahan gerhana bulan.

"Yang menarik akan ada gerhana bulan pada saat malam tahun baru," kata Thomas Djamaluddin, Peneliti Utama Astronomi-Astrofisika, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dalam perbincangan dengan VIVAnews, Jumat 12 Desember 2009.

Menurut Djamaluddin, gerhana bulan itu akan terjadi tepat setelah tengah malam. Gerhana bulan itu bisa dilihat dengan mata telanjang, tetapi dengan catatan.

"Bisa dilihat asalkan cuacanya bagus. Semua daerah yang bisa melihat bulan, dapat menyaksikan gerhana bulan," ujar ilmuwan yang juga Kepala Pusat Pemanfaatan Sains Atmosfer dan Iklim Lapan ini.

Djamaluddin menjelaskan, kemungkinan besar fenomena gerhana bulan yang akan terjadi itu adalah gerhana bulan sebagian. Hampir sebagian kota-kota besar di Indonesia juga bisa melihat fenomena ini.

"Gerhana bulan sebagian 7,6 persen pada 1 Januari pukul 01.53 - 02.52," ujar peneliti lulusan Kyoto University, Jepang, ini.

Survei LSI: Kepercayaan Publik terhadap Kejaksaan Naik Jadi 74 Persen

ismoko.widjaya@vivanews.com

Gunung Ruang di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, terpantau diselimuti awan kabut dari atas KM Bimasena yang digunakan oleh Tim Kantor SAR Manado mengevakuasi warga setempat, Rabu, 18 April 2024.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

BMKG mengingatkan warga agar mewaspadai potensi terjadinya tsunami akibat erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Kabupaten Sitaro, Sulut

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024