Suramadu Datangkan Berkah untuk Madura

VIVAnews –  Keberadaan Infrastruktur Jembatan Suramadu (Surabaya-Madura) terus mendatangkan hasil. Setelah tujuh bulan diresmikan, sejumlah investor terus berdatangan di Madura.

Berita Man Utd: Erik ten Hag Akui Situasi Bermasalah hingga Kekhawatiran Wright Soal Kobbie Mainoo

Hingga saat ini, sedikitnya telah tertanam modal Rp 2 triliun di pulau penghasil garam itu.

“Jadi sangat wajar jika infrastruktur Jembatan Suramadu sudah dapat digunakan, maka akan muncul investor di Madura,” kata Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf Senin 7 Desember 2009.

Dia menambahkan, konsep pengembangan industri di Jatim mengacu pada kluster industri dan sentra industri. Dengan demikian, diharapkan industri menyebar sesuai dengan potensi lokal. Sedangkan untuk meningkatkan pertumbuhan industri, ada empat kunci yang harus dibangun. Yakni, pembangunan infrastruktur, ketersediaan listrik, pembangunan pelabuhan dan penyediaan air bersih.

Sejak tahun 1967 hingga saat ini, investasi di Jatim terdapat 2.800 industri, baik Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA). Tetapi, dari PMDN dan PMA tersebut hanya tersebar di 14 kabupaten/kota, yakni Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Banyuwangi, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Kediri, Kabupaten Probolinggo, Jember, Jombang, Tuban, Lamongan dan Situbondo.

Sejak adanya Jembatan Suramadu, kini ada tambahan dua investasi baru di Madura dengan nilai sekitar Rp 2 triliun di Sumenep dan PMA di Sampang.

“Hal ini jelas menunjukkan bahwa infrastruktur menjadi salah satu pertimbangan utama untuk menarik investor. Contohnya, sebelum jalan tol Porong-Gempol putus, Pasuruan menjadi investasi nomor dua di Jatim. Saat ini Pasuruan menempati ranking empat,” tambah dia.

Ia menambahkan, karena hanya 14 daerah yang diminati oleh investor, Badan Penanaman Modal (BPM) Jatim berusaha “menjual” 24 daerah lainnya di Jatim agar diminati investor.

“BPM Jatim juga membentuk forum BPM se Jatim yang beranggotakan BPM 24 kabupaten/kota. Forum ini terus merumuskan agar daerah-daerah tersebut diminati investor,” tegasnya.

Laporan: Tudji Martudji | Surabaya

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Erdi A. Chaniago

Babak Baru Kasus Hoax Rekaman Forkopimda, Palti Hutabarat Diserahkan ke Kejaksaan

Berkas perkara kasus yang menjerat Palti Hutabarat disebut telah lengkap.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024