Mengapa 'Balibo Five' Dilarang Tayang

VIVAnews - Lembaga Sensor Film (LSF) melarang penayangan film 'Balibo Five' di Indonesia. Larangan itu disampaikan satu jam menjelang penayangan perdana yang dilakukan The Jakarta Foreign Correspondents Club di sebuah teater di Jakarta.

Larangan itu otomatis membuat 'Balibo Five' juga batal tayang di Jakarta International Film Festival (Jiffest) pada 4-12 Desember 2009.

Manager Jiffest, Nauval Yazid, mengatakan, LSF telah menyampaikan secara verbal mengenai larangan itu. LSF berjanji akan menyampaikan surat larangan tertulis sebelum perhelatan Jiffest. "Mereka meminta kami tak menayangkan film itu," katanya dalam perbincangan dengan VIVAnews, Rabu, 2 Desember 2009.

Dalam komunikasi verbal itu, LSF tidak menyampaikan alasan secara detail mengenai larangan itu. LSF hanya khawatir penayangan 'Balibo Five' akan mengganggu keharmonisan hubungan diplomatik antara pemerintah Indonesia, Timor Leste dan Australia. "Alasan tertulisnya kita tunggu satu dua hari ini," ujar Nauval.

Film besutan sutradara Australia, Rob Conolly, itu diangkat dari kisah terbunuhnya lima wartawan asing di Balibo, wilayah perbatasan di Timor Leste pada tahun 1975.

Lima wartawan asal Australia, Selandia Baru, dan Inggris itu adalah Greg Shackleton, Brian Peters, Malcolm Rennie, Gary Cunningham, dan Tony Steward. Kelimanya tewas saat tengah meliput masuknya tentara Indonesia ke Timor Leste, yang kala itu masih bernama Timor Timur.

Pemerintah Indonesia mengatakan, kelimanya tewas karena terjebak di medan peperangan. Namun, pengadilan koroner di negara bagian Australia, New South Wales, mengatakan, berdasarkan investigasi menunjukkan, kelima wartawan tersebut dibunuh oleh tentara Indonesia. 

Juru Bicara Departemen Luar Negeri, Teuku Faizasyah, mengatakan, film itu dikhawatirkan akan membuka luka lama. Namun, ia membantah Departemen Luar Negeri mengintervensi keputusan LSF. 

Iran Serang Israel, Ini Imbauan KBRI Teheran pada WNI
Suzuki Access 125 2024

Suzuki Access 125 Facelift Bakal Meluncur dengan Gaya Skutik Italia

Maruti atau Suzuki India sedang melakukan test jalan sebuah skutik, yang diduga merupakan Suzuki Access 125 facelift. Terlihat motor ini memiliki bodi desain skutik itali

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024