NASIONAL

Menhan Resmikan Kapal Perang RI Pertama

Kapal Republik Indonesia (KRI) Banjarmasin 592 buatan PT PAL Surabaya siap digunakan.

ddd
Sabtu, 28 November 2009, 13:40
Kapal Perang TNI
Kapal Perang TNI (Antara/ Eric Ireng)

VIVAnews - Setelah pengerjaannya sempat molor selama setahun. Hari ini Menteri Pertahanan (Menhan) Purnomo Yusgiantoro meresmikan penggunaan Kapal Republik Indonesia (KRI) Banjarmasin 592 buatan PT PAL Surabaya.

Acara peluncuran kreasi anak negeri itu dilakukan di Dermaga Divisi Kapal Niaga PT PAL Ujung, Surabaya, Sabtu 28 November 2009.

"Kami menyadari ini adalah ongkos yang harus ditanggung untuk mencintai produksi dalam negeri," kata Menhan Purnomo Yusgiantoro.

Menhan menambahkan, dalam waktu dekat satu kapal perang lagi segera diresmikan penggunaannya. Diharapkan, keberadaan KRI Banjarmasin 592 dan yang lainnya akan menambah kekuatan TNI AL untuk menjaga dan mengawal kedaulatan NKRI.

Kapal jenis Landing Platform Deck (LPD) dipesan Indonesia dari Dae Sun Shipbuilding (DSS), Korea Selatan. Namun, pengerjaannya dilakukan di Galangan Kapal PT PAL Surabaya.
Pengerjaan kapal itu juga mendapat pengawasan langsung dari tenaga ahli termasuk sejumlah peralatan dari DSS Korea Selatan.

"Ini adalah transfer of technology untuk industri strategis nasional," lanjutnya.

Pada kesempatan pertama itu, Letkol Laut Eko Joko Wiyono mendapat kehormatan memimpin kapal yang dioperasionalkan di bawah Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Jakarta.

Itu ditandai dengan penyematan tanda pangkat dan jabatan oleh Purnomo Yusgiantoro dalam upacara serah terima.

KRI Banjarmasin 592 buatan PT PAL memiliki panjan 125 meter, lebar 22 meter, berat keseluruhan 7.300 ton dengan kecepatan maksmimal 15 knot.
Kapal itu dapat mengangkut 560 personel pasukan, termasuk 126 ABK. Memiliki daya angkut 13 unit tank, dua unit Landing Craft Vehicles, lima unit helikopter. Juga dipersenjatai dengan satu unit kaliber 57 mm dan dua unit kaliber 40 mm," tambah Kadispen Armatim Letkol Tony Syaiful.

Laporan: Tudji Martudji | Surabaya



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
Dian
03/09/2010
Saya Bangga ternyata anak Bangsa Indonesia bisa bikin Kapal Perang yang bagus. Ayo majulah Indonesiaku bikin Kapal Induk sekalian
Balas   • Laporkan
cipto adi
24/03/2010
Saya tidak pernah meragukan kemampuan Insinyur-2 kita, ribuan habibi sudah terlahir dari bumi pertiwi. Bahkan dari semua aspek keilmuan......Teknologi Roket kita juga luaaar biasa, tinggal kasih hulu ledaknya....jadi deh RUDAL Indonesia...Kalau boleh usul
Balas   • Laporkan
bob
28/11/2009
Golden Way Arrio Teguh Berawal dari kemerdekaan. Makna kemerdekaan hampir dapat dirasakan. Yang ada makna keterikatan. Jejaring teman, bisa satu kampus, satu asal, satu keluarga, satu satu yang lain. Pekerjaan menjadi penyatu. Kesayangan pada anak bang
Balas   • Laporkan
bob
28/11/2009
Golden Way Arrio Teguh Berawal dari kemerdekaan. Makna kemerdekaan hampir dapat dirasakan. Yang ada makna keterikatan. Jejaring teman, bisa satu kampus, satu asal, satu keluarga, satu satu yang lain. Pekerjaan menjadi penyatu. Kesayangan pada anak b
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com